Oktober 30, 2020

1 Desember dianggap sebagai HUT OPM Pemerintah harus jalin dialog antar tokoh Papua

kabarmandala.com — Pengamat intelijen dan keamanan Stanislaus Riyanta menilai pemerintah perlu melakukan dialog dengan berbagai komponen di Papua menyusul peringatan Hari Ulang Tahun Organisasi Papua Merdeka (OPM) pada 1 Desember 2019.

Ia menyebut komponen yang harus diajak berdialog oleh pemerintah adalah yang ikut berpengaruh di Papua, di antaranya adalah tokoh adat, tokoh budaya, gereja, serta juga tokoh politik. “Yang paling penting pemerintah melakukan dialog dengan tokoh-tokoh dari Papua, sehingga komunikasi antara masyarakat Papua dan pemerintah nyambung,” ucap Stanislaus pada Sabtu (30/11/2019).

Stanislaus pun menilai keberangkatan beberapa pejabat dan petinggi aparat ke Papua untuk bekerja di sana merupakan langkah yang baik. Ia berharap adanya kesepahaman antara pemerintah pusat dengan keinginan warga Papua. “Karena kalau antara keinginan masyarakat dengan pemerintah tidak nyambung, ini bahaya, gap ini yang bisa jadi konflik,” ujarnya.

Selain itu, mengenai keamanan di Papua saat HUT OPM, Stanislaus mengimbau kepada masyarakat di sana untuk tidak khawatir, dan mempercayakannya kepada aparat TNI serta Polri. “Sekarang kuncinya adalah pemerintah itu merangkul masyarakat Papua, kemudian masyarakat percaya kepada pemerintah, TNI-Polri sekarang dalam kondisi yang solid, ya sudah sekarang beraktivitas seperti biasa saja,” tutur Stanislaus.