Mei 11, 2021

10 Pedagang Ikan Pasar Hamadi Positif COVID-19, Pemkot Jayapura Tutup Sementara Pasar

kabarmandala.com —┬áPasar Hamadi di Kota Jayapura ditutup oleh Pemerintah Kota Jayapura mulai Senin (11/5) hingga 2 minggu ke depan.Penutupan Pasar Hamadi dilakukan usai terkonfirmasi 10 orang positif COVID-19, melalui uji swab PCR kepada pedagang ikan.

Ketua Satgas COVID-19 Kota Jayapura, Rustan Saru menuturkan selain Pasar Hamadi, lokasi pemukiman warga di sekitarnya yakni Hamadi Rawa, Argapura hingga Hamadi Ponton, dan pemukiman sekitar SMA 4 Entrop akan ditutup.

“Kami akan tutup sementara sejumlah pemukiman padat penduduk ini dan akan dilakukan rapid test massal, guna mengetahui secara cepat warga yang negatif atau positif COVID-19. Daerah-daerah ini sudah menjadi zona merah,” kata Rustan, Jumat (8/4).

Setelah dilakukan penutupan sementara pada kawasan itu, maka seluruh bahan makanan dan kebutuhan warga akan diberikan oleh Pemkot Jayapura.”Kami masih mencari tempat khusus untuk penempatan ODP, PDP dan warga yang reaktif dalam uji rapid test. Ini masih kita bahas bersama forkompinda setempat,” katanya.Rustan yakin jika sudah ada satu tempat khusus bagi ODP, PDP dan warga yang hasil rapid test reaktif, maka lebih muda diawasi dalam kesehariannya.

“Ini langkah konkret kami, untuk menelusuri dan melakukan pembersihan dengan tuntas kepada warga di sekitar Pasar Hamadi untuk penyebaran corona. Kami harap warga patuh dan tetap mengikuti anjuran pemerintah dalam penerapan karantina wilayah ini,” jelasnya.Hingga Jumat (8/5), jumlah positif COVID-19 Kota Jayapura mencapai 63 orang, dengan rincian pasien dirawat 39 orang, pasien sembuh 21 orang dan meninggal 3 orang.