Desember 5, 2020

20 Personil Satgas Pam Pulau Terluar Dilepas Danrem 173/PVB

Kabarmandala.com –  BIAK – Selaku Komandan Komando Pelaksana Operasi (Dankolakops) pengamanan pulau terluar Danrem 173/PVB, Brigjen TNI Bahman memimpin upacara pelepasan 20 personil Satuan Tugas (Satgas) Pam Pulau terluar yang berlangsung di Dermaga Pelabuhan Biak, Minggu (25/11/2019).

Hal itu, setelah pada sehari sebelumnya, di Aula Graha Makorem 173/PVB (Sabtu, 24/11/2019), Danrem 173/PVB memberikan pengarahan kepada 20 orang Satgas  baru  tersebut yang akan menggantikan Satgas yang lama.

20 persnil Satgas baru tersebut, terdiri dari 10 Prajurit TNI AD dan 10 Prajurit  Marinir TNI AL dipimpin oleh Kapten (Mar) Dani Tristian.

Danrem yang didampingi oleh Dandim 1708/BN akan ikut serta bersama rombongan Satgas Pamputer tersebut untuk melihat secara langsung kondisi dan situasi di wilayah Pulau terluar.

Tugas Pamputer akan dilaksanakan selama kurang lebih 9 bulan di Pulau Brasi dan Pulau Fanildo Kepulauan Mapia, pergeseran pasukan pengamanan akan menggunakan KRI Teluk Parigi 539.

“Bagi prajurit, tugas adalah suatu kehormatan dan kebanggaan, untuk itu prajurit yang mendapat amanah tersebut harus bertanggung jawab terhadap tugas dan  melaksanakannya dengan sebaik mungkin,” ungkap Danrem.

Kata Danrem, tantangan terberat yang menjadi kendala utama bagi Satgas adalah faktor alam, karena wilayahnya yang sulit dijangkau dari sarana  transportasi dan fasilitas lainnya sebagai sarana pendukung dalam pelaksanaan tugas.

Di akhir sambutannya Danrem menegaskan kepada Prajurit yang akan bertugas untuk mematuhi Protap operasi yang berlaku dalam pelaksanaan tugas, laksanakan patroli sesuai kondisi yang ada dan kuasai karakteristik wilayah berikut permasalahannya.

Selain itu,  juga  hindari pelanggaran sekecil apapun selama melaksanakan tugas dan melaporkan setiap hal yang menonjol kepada komando atas secara hirarkis, jaga kesehatan dan kebugaran fisik dengan berolahraga secara teratur, jalin hubungan yang baik dan harmonis dengan masyarakat setempat untuk memantapkan kemanunggalan TNI dan rakyat.