Mei 7, 2021

6 Tersangka Bentrok Antarkampung di Jayapura Ditangkap

kabarmandala.com — Enam tersangka kasus bentrok antara Kampung Kehiran dan Kampung Toware di Kabupaten Jayapura, Provinsi Papua, ditangkap Polres Jayapura. Bentrokan pada 19 April 2020 itu mengakibatkan 35 rumah terbakar. Kapolres Jayapura AKBP Victor Dean Mackbon mengatakan, tiga orang di antara enam tersangka masih di bawah umur. Mereka sementara ditahan di Rutan Mapolres Jayapura.

“Kami masih melakukan proses penyidikan terhadap enam tersangka dari kedua kampung,” ujar Victor di Sentani, Senin (4/5/2020). Menurut dia, keenam tersangka dijerat dengan pasal 170 ancaman hukuman 7 tahun dan Pasal 187 UUD KUHP juncto 64 Ayat 1 dengan hukuman 12 Tahun.

Dia mengatakan, saat ini masih ada lima tersangka lagi yang belum diamankan. Polisi masih melakukan pendekatan kepada tua-tua adat di kedua kampung. “Kami masih lakukan pendekatan persuasif kepada para tokoh kedua kampung agar para tersangka ini bisa serahkan untuk diproses sesuai hukum yang berlaku,” katanya.

Sementara upaya penyelesaian secara adat antara kedua kampung yang bertikai juga dilakukan untuk menciptakan perkembangan sosial di masyarakat. Upaya penegakan hukum diharapkan bisa menjadi pelajaran untuk masyarakat agar tidak melakukan tindak pidana yamg dapat merugikan jiwa dan materi. “Apabila dilakukan penegakan secara adat, kami dari polres jajaran terus membangun komunikasi dengan berbagai pihak agar penegakan hukum bisa tercapai,” katanya.