November 30, 2020

74 Tahun Indonesia Merdeka, Bangkitnya Galanita Papua

kabarmandala.com — Majelis Rakyat Papua (MRP) melalui Pokja Perempuan menggelar pertandingan sepakbola wanita antar kampung se Kota Jayapura yang berlangsung di Lapangan Yoka, Distrik Heram, Kota Jayapura. Pertandingan dilakukan sejak 18 Juli 2019 dan telah menyelesaikan babak final pada Jumat sore 16 Agustus 2019. Pada partai final, tim Galanita Wasat Sari dari Polda Papua harus mengakui keunggulan dari tim Galanita Tahima Soroma asal Kampung Kayo-Pulau dengan skor ahir 1-2.

Ketua Pojka Perempuan MRP, Nerlince Wamuar Rollo bangga dengan seluruh tim Galanita, yang ikut berpartisipasi memeriahkan HUT RI Ke 74. Ia berharap turnamen kali in benar-benar dimanfaatkan sebagai momentum kebangkita persepakbolaan Papua. “Kami berharap, turnamen kali ini dapat mempersatukan persepakbolaan yang berorientasi kepada prestasi dan menjadi hiburan, sekaligus menyehatkan seluruh rakyat Papua,” ujarnya disela-sela acara penyerahan hadiah.

Menurut Nerlince, turnamen Galanita kali ini bukan hanya untuk memeriahkan Dirgahayu RI, tapi mencari pemain terbaik yang diseleksi untuk dibentuk dalam satu Tim Galanita Port Numbay Kota Jayapura. “Tim ini akan diasah lagi kemampuannya untuk even selanjutnya. Kami berharap Galanita  dapat melakukan uji coba dengan tim PON Papua dengan harapan ada pemain yang dapat direkrut masuk dalam tim PON nantinya,” ungkapnya. Tambah dia, ajang ini sesuai dengan tupoksi dari Pokja Perempuan, untuk lebih kepada pemberdayaan perempuan dalam hal melindungi anak-anak dan perempuan dari hal-hal negatif yang saat ini.

Untuk itu, ia meminta dukungan dari Pemerintah Provinsi maupun Kota Madya Jayapura, agar Galanita di Papua dapat kembali bergairah serta dapat melahirkan pemain-pemain yang nantinya akan mengharumkan nama Papua di ajang nasional maupun internasional