Oktober 26, 2020

Ajang lomba kapolres Mimika Cup menggelar lomba menghafal pahlawan asal papua

kabarmandala.com — Sebanyak 40 peserta tingkat SD, SMP, SMA dan mahasiswa mengikuti lomba menghafal pahlawan nasional Papua, Kapolres Mimika Cup 1 yang digelar Polres Mimika di salah satu mall Jalan Budi Utomo, Sabtu (16/11). Kapolres Mimika AKBP I G. G Era Adhinata mengapresiasi perlombaan yang mampu memperkenalkan para pahlawan nasional Papua seperti Silas Papare, Frans Kaisiepo, Marthen Indey, dan Johannes Abraham Dimara.

“Kegiatan ini untuk memperingati Hari Pahlawan. Dimana masyarakat Indonesia, khususnya di Papua banyak yang belum mengetahui siapa saja Pahlawan Nasional asal Papua, yang sudah berjuang demi Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI),” ujarnya saat ditemui usai pembukaan lomba tersebut.

Sementara itu, Ketua Panitia Aipda Lalu Hiskam menjelaskan, para peserta lomba yang memperebutkan piala Kapolres Mimika akan dinilai oleh para juri mulai dari penampilan, isi dari pidato, kostum, kelancaran menghafal biografi pahlawan yang dipilih serta ekspresi dan notasi. “Panitia menyeleksi tiga juara untuk tingkat SD dan SMP. Sementara untuk tingkat SMA dan mahasiswa dijadikan satu, dengan mengambil tiga juara,” ujarnya.