Oktober 20, 2020

Aktifitas bandara di Papua Barat tetap normal

kabarmandala.com — Ditengah mewabahnya Pandemi Virus Corona (Covid-19) hingga terkonfirmasi dua sampel positif di kota Sorong, tak menjadi alasan untuk Gubernur Papua Barat, Drs. Dominggus Mandacan, bersikap menutup sementara akses transportasi udara diwilayah tersebut.

Dalam keterangan resminya, Gubernur Dominggus Mandacan, menyatakan pembatasan hanya berlaku untuk aktivitas penduduk dengan pengecekan KTP (Kartu Tanda Penduduk) dan himbauan social distancing/physical distancing, sementara aktivitas bandara tetap berjalan normal.

“Aktivitas bandara harus tetap normal, karena dalam situasi tangap darurat, dibutuhkan sarana transportasi cepat untuk pengiriman obat-obatan, Alat Pelindung Diri (APD) ataupun peralatan medis lainnya yang dibutuhkan, karena kita tidak ada pabrik pembuatan APD,” ucap Gubernur.

“Aktivitas kapal penumpang di pelabuhan laut Manokwari, telah berkurang dan itupun karena di wilayah Papua, telah berlakukan penutupan sementara. Kapal laut hari ini terakhir layani rute ke arah Nabire dan Jayapura,” ujar Gubernur. Ditempat terpisah, desakan untuk menutup bandara dan pelabuhan laut di seluruh Papua Barat, terus disampaikan oleh berbagai pihak diantaranya akademisi, tokoh masyarakat, hingga anggota DPRD.