April 21, 2021

Anggota komisi 1 DPR RI nyatakan Situasi Wilayah Puncak Jaya Papua Aman

kabarmandala.com — Anggota Komisi I DPR RI Yan Permenas Mandenas mengatakan, situasi di Kabupaten Puncak Jaya, Papua, aman. Dia menambahkan, kelompok kelompok kriminal separatis bersenjata (KKSB) sudah tidak terlihat lagi. Yan Mandenas sendiri sudah melakukan kunjungan kerja ke sejumlah pos pengamanan TNI/Polri sejak Kamis (30/1) hingga Sabtu (1/2).

Dalam kesempatan itu dia juga berdialog dengan masyarakat Distrik Tingginambut. Yan Mandenas juga bertemu empat mantan anggota KKSB yang telah menyerahkan diri kepada aparat keamanan tahun lalu. “Permintaan mereka adalah mendapatkan pekerjaan dan perumahan yang baik. Mereka uga minta pembangunan jalan dan jembatan yang rusak bisa diperbaiki,” katanya.

Dia menambahkan, pemerintah harus bisa menjamin permintaan masyarakat ataupun mantan anggota KKSB yang telah menyerahkan diri. “Mereka bisa tunjukkan kepada saudara-saudara kita yang lain dan mau terlibat membangun Kabupaten Puncak Jaya,” imbuh Yan Mandenas.

Menurut dia, jika keamanan terjamin, pembangunan bakal berjalan dengan baik seperti yang diprogramkan pemerintah. Sementara itu, Bupati Puncak Jaya Yuni Wonda mengaku kondisi aman sejak dua tahun belakangan ini memberi manfaat bagi pemerintah untuk membangun daerah yang dipimpinnya.

“Masyarakat, pemerintah, DPR, TNI, dan Polri bersatu menciptakan keamanan yang baik di sini. Kami bersyukur karena sinergi yang kami lakukan dengan semua elemen bisa berlangsung dengan baik,” katanya Dia menambahkan, keinginan masyarakat adalah program pembangunan lima proritas yaitu pendidikan, kesehatan, infrastruktur, peningkatakan perekonomian, dan peningkatan harkat dan martabat. “Kami berharap dukungan untuk menyukseskan lima program pembangunan yang telah kami sepakati bersama,” ujarnya.