Mei 11, 2021

Anggota pramuka diberikan latihan KIM oleh Prajurit TNI di Serui, Papua

Kabarmandala.com – “Kegiatan itu diawali dengan upacara pembukaan latihan, kemudian dilanjutkan dengan pemberian materi Keterampilan Indera Manusia (KIM),” kata Kepala Penerangan Kodam (Kapendam) XVII/Cenderawasih Kolonel Inf Eko Daryanto di Kota Jayapura, Papua, Senin malam.

Prajurit TNI AD dari Kodim 1709/Yawa Serda Amirudin Majid Way memberikan pelatihan keterampilan kepada 40 anggota Pramuka Penggalang Gugus Depan Baharudin Kaseng Hj Normawati di Yayasan Darussalam Serui, Kabupaten Kepulauan Yapen, Papua, Senin siang.

KIM, kata dia, salah satu materi teknik kepramukaan yang menggunakan bantuan alat untuk menguji dan meningkatkan kemampuan indera penglihatan, penciuman, pendengaran, dan indera perasa.

Dia menjelaskan di sela-sela pemberian materi oleh Serda Amir yang juga Ketua Gudep Putra Baharudin Kaseng dan sekaligus pembina pramuka itu, KIM merupakan suatu latihan menggunakan panca indera untuk meningkatkan kecerdasan pemikiran otak manusia.

“KIM sangat berguna untuk meningkatkan daya pikir, kecepatan bereaksi, atau mengambil keputusan, sekaligus kecepatan daya tangkap,” katanya

Pada kesempatan itu, kata dia, Serda Amir juga menambahkan bahwa KIM yang diimbangi dengan permainan dapat meningkatkan daya pikir sekaligus membentuk karakter pada Pramuka Penggalang.

‘Permainan ini sangat baik untuk dilatihkan kepada Pramuka Penggalang agar terbentuk karakter yang berkualitas dengan kemampuan indera yang dimilikinya. Sehingga generasi muda kita bisa menjadi orang yang cerdas, peka terhadap situasi dan tanggap dengan lingkungan sekitarnya,” katanya.