Oktober 26, 2020

Antisipasi Virus Corona, Dinkes Pasang Alat Thermal Scanner Di Bandara Frans Kaisiepo, Kab Biak Papua.

Kabarmandala.com – “Pemasangan alat thermal scanner sebagai upaya nyata Pemkab Biak Numfor dalam upaya mengantisipasi penularan virus Corona,”ungkap Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Biak Ruslan Epid dihubungi di Biak, Rabu.

Jajaran Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Biak Numfor, Papua mengandeng Kantor Kesehatan Pelabuhan Biak dan manajemen PT Angkasa Pura 1 sebagai pengelola bandara Internasional Frans Kaisiepo menyediakan alat thermal scanner atau pemindai suhu tubuh yang terpasang di area bandara setempat.

Ruslan menyebut, alat thermal scanner di area bandara Frans Kaisiepo telah terpasang sejak empat bulan lalu sebagai tindakan preventif pencegahan penularan virus Corona.

Dengan adanya alat pemindai suhu tubuh, menurut Ruslan Epid, diharapkan dapat membantu pengawasan terhadap setiap penumpang yang berangkat dan transit di bandara Frans Kaisiepo.

“Sampai saat ini Biak masih dinyatakan aman dari virus Corona. Ya, pemkab Biak Numfor perlu melakukan tindakan pencegahan di bandara yang menjadi tempat berangkat dan datang penumpang dari berbagai rute kota tujuan,”ungkapnya.

Ia mengatakan, pemasangan alat pendeteksi suhu tubuh untuk memindai suhu para penumpang dari luar negeri dan yang masuk ke wilayah Indonesia melalui bandara Frans Kaisiepo Biak.

Berdasarkan data, Rabu (29/1) Pemerintah Provinsi Papua telah menyediakan rumah sakit umum daerah Dok II Kota Jayapura sebagai rumah sakit rujukan pasien terindikasi virus Corona.