Oktober 21, 2020

Aparat lakukan penyergapan terhadap Camp KKSB OPM, 2 OPM tewas

kabarmandala.com — Aparat TNI Polri melakukan penyergapan terhadap sebuah camp di Jalan Trans Nabire, tepatnya di Kampung Jayanti Distrik Iwakan, Kabupaten Mimika yang diduga sebagai tempat persembunyian kelompok kriminal bersenjata (KKB). Kepala Kepolisian Resor Mimika AKBP I Gusti Gde Era Adhinata menyebutkan penyergapan dilakukan dalam penegakan hukum kepada KKSB OPM yang terjadi pada Kamis 9 April 2020, pukul 05.30 WIT.

“Camp ini diduga sebagai tempat persembunyian KKSB yang melakukan penembakan di kantor Freeport Indonesia di Kuala Kencana,” katanya. Dalam penyergapan itu, OPM sempat melakukan perlawanan, sehingga terjadi kontak senjata dengan aparat. “Dari hasil penegakan hukum,  2 KKB ditembak, sebab hendak menembak petugas dan dilakukan tindakan tegas. Seorang berinisial IS diamankan di lokasi kejadian. Saat bersamaan, sejumlah KKB lari masuk ke hutan dengan membawa senjata 4 pucuk tanpa membawa barang-barangnya,” ujar Kepala Kepolisian Resor Mimika AKBP I Gusti Gde Era Adhinata,

Kapolres menerangkan aparat keamanan telah memetakan lokasi KKB serta jaringanya dan tetap akan melakukan tindakan tegas dengan melakukan pengejaran terhadap KKB yang melakukan tindakan melawan hukum. Sebelumnya, kepolisian setempat juga menangkap sejumlah orang yang diduga sebagai penyuplai bahan makanan bagi KKSB. Dalam olah tempat kejadian perkara (TKP) didapat barang bukti 1 buah air soft gun merk Glock, 1 senjata rakita, 162 butir peluru, 10 buah selongsong peluru, 20 buah telepon genggam, 3 kapak, 3 buah busur panah, 90 anak panah, 11 buah parang, 7 buah senapan angin, 11 buah potongan bagian senapan angin. Sampai saat ini aparat gabungan TNI Polri masih melakukan pengejaran terhadap KKSB dan untuk mencegah masuknya dukungan bama dan amunisi akan ditingkatkan patroli dan razia terutama di daerah jalur perlintasan KKSB  OPM.