Februari 26, 2021

Atlit PON 2020 dipastikan akan mendapat obat malaria dari Dinkes Papua

kabarmandala.com —  Dinas Kesehatan Provinsi Papua memastikan para atlit PON XX Tahun 2020 akan mendapatkan obat malaria sebelum masuk ke Jayapura dan kabupaten tempat arena PON, dan saat mereka sudah berada di masing-masing daerah arena pertandingan.

“Kami pastikan bahwa sebelum atlet itu masuk di Jayapura, sudah mendapatkan obat pencegahan malaria,” kata Sekretaris Dinkes Papua dr Silwanus Sumule di Jayapura, Sabtu. Silwanus mengatakan, ketika atlet itu sudah tiba lalu berada di luar ruangan, maka akan dibagikan obat antimalaria yang dioleskan di badan, seperti autan, sehingga melindungi dari gigitan nyamuk.

Menurut dia, pihaknya memastikan bahwa jika misalnya ada yang kena malaria, maka fasilitas kesehatan sudah siap untuk menangani mereka. “Termasuk kalau misalnya PON sudah selesai, tetapi kalau ada gejala-gejala malaria, kami lakukan intervensi,” ujarnya.

Dia menyebutkan, Dinkes Papua bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan, dinkes kabupaten/kota di Papua dan dua lembaga terkait yang terlibat untuk penanganan malaria selama penyelenggaraan PON. “Masyarakat juga dilibatkan dalam memberantas penyakit malaria ini di daerahnya masing-masing,” katanya. Ia menambahkan, peran serta semua pihak juga diharapkan membantu memberantas penyakit malaria ini, agar Papua aman dari malaria sebelum pelaksanaan PON.