Mei 16, 2021

Bakti Pamtas TNI bantu warga bangun rumah pasca kebakaran

kabarmandala.com — Satuan tugas (Satgas) pengamanan perbatasan (Pamtas) RI-PNG dari Yonif Raider 300/BJW Pos Workwana dipimpin Sertu Encim Apandi membangun rumah salah seorang warga yang sebelumnya terbakar di PIR 11, Kampung Yamta, Distrik Mannem, Kabupaten Keerom, Papua, Senin.

Kepala Penerangan Kodam (Kapendam) XVII/Cenderawasih Kolonel Cpl Eko Daryanto di Kota Jayapura, Senin petang, mengatakan rumah warga yang dibangun kembali karena terbakar itu adalah milik Nenek Sunarni (78). “Jadi, anggota Satgas Pamtas RI-PNG Yonif Raider 300/Bjw, Pos Workwana bersama-sama dengan warga PIR ll, Kampung Yamta bergotong royong membangun kembali rumah nenek Sunarni (78) yang hangus terbakar,” jelasnya.

Menurut dia, personel Satgas Yonif Raider 300/Bjw beserta warga bahu membahu bekerja bersama-sama untuk membangun kembali rumah tersebut menunjukkan bahwa ada sinergitas antara TNI dan rakyat. “Yah inilah bentuk sinergitas TNI dan rakyat. Kehadiran Satgas Pamtas bukan saja menjaga kedaulatan bangsa di perbatasan, tetapi bisa memberikan manfaat kepada warga setempat,” ujar EKo.

Secara terpisah, Sertu Encim Apandi mengatakan bahwa kegiatan tersebut untuk menambah solidaritas dan kepedulian warga terhadap sesama. “Kami dari Satgas Yonif Raider 300/Bjw akan selalu memberikan pemahaman tentang pentingnya hidup rukun, bergotong royong serta saling membantu antar sesama. Sehingga warga masyarakat akan lebih memahami arti kebersamaan dalam bermasyarakat. lebih memahami arti penting dan indahnya gotong royong dan tolong menolong antar sesama sehingga pekerjaan akan terasa mudah dan ringan,” terang Sertu Encim Apandi.

Sementara itu, La Dedi selaku Kepala Kampung Yamta mengatakan bahwa kegiatan itu mendapat tanggapan positif dari warga PIR 11 dan ucapan terima kasih kepada anggota Satgas Yonif Raider 300/Bjw yang telah membantu dan ikut serta bekerja-sama dalam membantu meringankan beban warganya. “Semoga kepedulian sesama dan saling tolong menolong baik pemerintah ke warga maupun warga dengan warga akan selalu ada dalam kegiatan apapun yang sifatnya positif,” lanjutnya.