November 30, 2020

Bangunan eks kantor dinas PU ludes terbakar

kabarmandala.com — Bangunan eks Kantor Dinas Pekerjaan Umum (PU) yang terletak di Kompleks Makarena, Jalan Yos Sudarso, Kelurahan Kwamki Baru, Jumat (24/1/2020) sekitar pukul 04.30 WIT mengalami kebakaran. Akibatnya, seluruh bangunan khususnya bagian atap ludes terbakar.

Api baru berhasil dipadamkan setelah petugas pemadam kebakaran (Damkar) dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) mengerahkan armadanya dan melakukan pemadaman. Sekitar pukul 08.00 WIT api berhasil dipadamkan. Selanjutnya, tim identifikasi dari Satuan Reskrim Polres Mimika melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP) guna mencari tahu penyebab terjadinya kebakaran.

Kapolsek Mimika Baru (Miru), Kompol Sarraju mengatakan bahwa, bangunan yang masih menjadi aset Pemkab Mimika tersebut berdasarkan keterangan saksi yang tinggal di sekitar TKP, mengalami kebakaran sekitar pukul 04.30 WIT. Di mana, bangunan tersebut memang sudah lama tidak ditempati namun aliran listrik masih tetap mengalir.

“Kebakaran terjadi sekitar pukul 04.30, dan hal tersebut langsung di respon aparat Kepolisian baik dari Polsek Miru maupun Polres Mimika serta didukung tujuh unit mobil pemadam kebakaran,” kata Sarraju saat ditemui di Mapolsek Mimika Baru, Jalan C. Heatubun, Jumat (24/1/2020).

Beruntung saja dari peristiwa kebakaran ini tidak terdapat korban jiwa, namun kerugian material diperkirakan mencapai ratusan juta rupiah. Saat ini tim penyidik dari Polsek Mimika Baru bersama Polres Mimika dalam hal ini Satuan Reskrim sementara melakukan penyelidikan guna mengetahui apakah bangunan ini sengaja dibakar atau tidak. Namun, desas desus di lapangan menyebutkan bahwa, bangunan tersebut sengaja dibakar lantaran kerap dijadikan sebagai tempat untuk mengonsumsi minuman keras hingga mabuk-mabukan. “Penyelidikan ini dilakukakan dengan melakukan olah TKP, dan ini dilakukan untuk mengetahui penyebab terjadinya kebakaran,” kata Sarraju.