Desember 2, 2020

Bantu untuk PON 2020 pemerintah merauke kucurkan dana 100M

kabarmandala.com — Bupati Merauke Frederikus Gebze menggelontarkaan dana sebesar Rp100 miliar untuk pembiayaan penyelenggaraan pekan olahraga nasional (PON) XX tahun 2020 di kabupaten tersebut. “Bupati Frederikus Gebze menyampaikan hal itu pada pertemuan antara Pemerintah Kabupaten Merauke dengan tim monitorin dan evaluasi PON 2020 Bidang Kesehatan pada Senin (12/8),” kata Kepala Seksi Rujukan Dinas Kesehatan Provinsi Papua Darwin Rumbiak yang juga mengikuti pertemuan itu di Jayapura, Jumat.

Menurut Darwin, dalam pertemuan itu Bupati merinci anggaran sebesar Rp100 miliar yang dicairkan itu, Rp19 miliar akan digunakan untuk pembangunan stadion sepak bola di Merauke. Kemudian Rp14 miliar digunakan untuk membiayai venue lainnya yang ada di Merauke. “Dana sebesar Rp100 miliar yang digelontorkan untuk PON 2020 itu bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Merauke,” ujarnya.

Menurut Darwin, Bupati Frederikus Gebze juga menyarankan kepada Pemerintah Provinsi Papua agar memetakan dengan baik daerah-daerah yang tidak melaksanakan event nasional agar ikut menyuplai tenaga dokter spesialis dan tenaga kesehatan lainnya ke daerah yang melaksanakan PON 2020. Darwin menjelaskan, tim monitoring dan evaluasi PON 2020 bidang kesehatan yang menggelar pertemuan di Merauke itu dipimpin oleh Selly Awalaila selaku Korwil Kabupaten Merauke.

Momentum itu dihadiri oleh Tim Dinas Kesehatan Provinsi Papua, Tim Dinkes Kabupaten Merauke, Sekretaris Menpora bersama tim dari Jakarta dan ketua penggerak PKK Kabupaten Merauke. Selanjutnya, Ketua KONI Kabupaten Merauke, Unit Percepatan Pembangunan Kesehatan (UP2KP) Perwakilan Kabupaten Merauke, Direktur RSUD Merauke, Direktur Rumah Sakit Bunda Harapan Merauke, Direktur Rumah Sakit TNI Angkatan Laut Merauke dan Sekretaris Disorda Merauke.

Pertemuan itu dipimpin langsung oleh Bupati Merauke Frederikus Gebze. Melalui kegiatan itu, Bupati Frederikus mengatakan pihaknya sangat siap mendukung PON 2020 dengan melibatkan Kabupaten Boven Digoel dan Kabupaten Mappi, untuk bekerja sama mendukung PON 2020.