Oktober 28, 2020

Beluum pasti dulu 10 Cabor tidak masuk PON,kini masuk Cabor tapi ditandingkan diluar Papua

kabarmandala.com — Usai rapat terbatas Presiden Joko Widodo di Istana Negara, Jakarta, Jumat (17/1) lalu. Berhembus kabar bahwa 10 cabang olahraga yang awalnya ditiadakan pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Tahun 2020 di Bumi Cenderawasih kembali dipertandingkan menjadi bagian PON 2020 Papua, namun dilaksanakan di luar Papua.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Dinas Olahraga dan Pemuda (Disorda) Papua, Alexander Kapisa , Senin (20/1) siang kemarin tidak membenarkan hal isu tersebut. Ia hanya mengatakan jika pihaknya belum menerima informasi mengenai hal tersebut. “Soal itu, kami belum dapat informasi pastinya, nanti biar pihak KONI Pusat yang menjelaskan mengenai hal tersebut,” ungkap Alex dalam telepon selulernya.

Dikutip dari Antara Jatim, Ketua Umum PB ISSI Raja Sapta Oktohari setelah rapat terbatas dengan Presiden Joko Widodo di Istana Negara, mengatakan bahwa Jawa Timur siap menjadi tuan rumah Balap Sepada PON “Benar. Balap sepeda tetap dipertandingkan di PON 2020 nanti. Hanya saja lokasinya di Jatim. Terima kasih kepada semua jajaran pengurus PB ISSI dan segenap stakeholder balap sepeda atas dukungan dan doanya, sehingga balap sepeda tetap dilaksanakan dalam PON 2020,” kata pria yang akrab disapa Okto itu.

PON XX tahun 2020 di Papua dijadwalkan berlangsung pada 20 Oktober hingga 2 November. Ada 37 cabang olahraga yang dipertandingkan. Namun, seiring perjalanan waktu ada perubahan termasuk dipertandingkannya, balap sepeda meski belum ada penetapan secara resmi. Sebelumnya ada 10 cabang olahraga yang batal dipertandingkan pada PON 2020. Selain Balap Sepeda, ada Ski Air, Bridge, Woodball, Gateball, Golf, Soft Tenis, Tenis Meja, Dansa, dan Pentaque.

Balap sepeda terdapat banyak disiplin mulai dari BMX, sepeda gunung (XCO dan DH), trek hingga road race. Hanya saja disiplin apa yang akan dipertandingkan pada kejuaraan empat tahunan terbesar di Indonesia itu masih dalam kajian. KONI Pusat sebelumnya juga berusaha mencarikan solusi agar sepuluh cabang olahraga yang tidak dipertandingkan di PON 2020 Papua, dengan jalan menggelar kejuaraan nasional. Hal ini dilakukan agar program pembinaan hingga pemantauan atlet berprestasi tetap berjalan.