Oktober 24, 2020

Biadab, KKSB OPM Sandera 3 Guru SD di Mimika !

Kabarmandala.com – Puluhan anggota Kelompok Kriminal Separtis Besenjata (KKSB OPM) hampir menyandera tiga guru yang mengajar di SD Inpres Baluni, Kampung Jagamin, Distrik Tembagapura, Mimika, Papua.

Dandim 1710/ Mimika Letkol Pio L Nainggolan membenarkan insiden itu. Ketiga guru tersebut sudah ditangani pihak kepolisian. “Ketiganya sedang ditangani pihak kepolisian,” kata Pio singkat melalui pesan WhatsApp, Rabu (26/2/2020).

Berdasarkan informasi yang dihimpun, insiden itu terjadi pada Selasa (18/2/2020). Ketika itu, sekitar 50 anggota KKSB OPM memasuki Kampung Jagamin mencari masyarakat non-Papua. Mereka pun menemukan tiga guru SD Inpres Baluni yakni, Eustakhius Lefteuw, Agustinus Sere, dan Bonifantura Pakairuru.

KKSB hendak membawa ketiganya sebagai sandera. masyarakat setempat sudah mengingatkan kepada KKSB OPM, bahwa yang akan disandera adalah para guru.  “Padahal masyarakat sudah menyatakan jangan disandera para guru itu. Tapi KKB tak mendengarkan suara masyarakat. Malahan , para guru tetap disandera,” ujarnya.

Sebelumnya, 3 guru di Kampung disandera selama 2 hari di balai desa Arwanop. Para guru dibebaskan atas kerjasama dari tokoh adat dan agama setempat. Tapi, usaha itu digagalkan petinggi dan masyarakat Kampung Jagamin.

Berdasarkan kesepakatan masyarakat, tiga guru itu dievakuasi ke Timika. Mereka pun diantar masyarakat dengan berjalan kaki menuju lapangan terbang di Arwanop, Kampung Anggogoin pada Rabu (19/2/2020).

Mereka kemudian melapor ke pos Satgas Pamrahwan Arwanop Yonif 754/20/3/Kostrad. Pada Rabu (26/2/2020), tiga guru itu kemudian dievakuasi ke Kota Timika menggunakan Helikopter Bell 412/P-3002 milik Polri, dan mendarat di Bandara Mozes Kilangin.

Ketiganya kemudian dibawa ke Mako Brimob Batalyon B Timika untuk dimintai keterangan oleh Satgas Nemangkawi.

“Saat ini para guru sedang melakukan pemulihan trauma, pasca kejadian itu. Setelah para guru dinyatakan pulih dan sehat, kami akan minta keterangannya,” kata seorang penyidik di Polres Mimika.