Oktober 28, 2020

BIN : ‘Ada Pihak Luar Negeri Pasok Senjata untuk KKSB Papua’

kabarmandala.com — Badan Intelijen Negara (BIN) menduga ada pihak luar negeri yang sengaja memasok senjata dan amunisi untuk Kelompok Kriminal Bersenjata (KKSB OPM) di Papua. Juru Bicara BIN, Wawan Purwanto menjelaskan, KKB di Papua punya banyak cara untuk memperoleh senjata. Diantaranya menyerang lalu merampas senjata milik petugas keamanan, baik itu dari TNI maupun Polri.

“Ada beberapa kali mereka menyerang dan juga membawa lari senjata yang ada,” katanya dalam wawancara dengan Radio Republik Indonesia, Rabu (18/12/2019). Selain itu, ada juga anggota KKSB OPM  yang pura-pura menjalin hubungan pertemanan yang baik dengan anggota. Saat anggota lengah, senjata pun dirampas dan kemudian digunakan untuk menembaki para petugas.

Cara lain yang tak kalah mencengangkan lanjut dia, yakni ada pihak tertentu di luar negeri yang sengaja memasok senjata dan amunisi bagi KKSB OPM. “Ada pemasok gelap (dari luar negeri), ini yang terus kita upayakan supaya memblok dari semua aliran, baik amunisi maupun senjatanya itu sendiri,” pungkasnya.