Maret 3, 2021

Bupati Isaias Douw Ingatkan Pedagang Jangan Naikan Harga Sembako yang tak wajar

kabarmandala.com — Bupati Nabire, Isaias Douw dengan tegas meminta kepada seluruh pedagang baik kios, toko dan di sejumlah pasar agar tidak seenaknya menaikan harga sembako di saat pandemi covid-19. Jika pemkab Nabire mendapati hal itu, maka ijin operasionalnya tidak segan-segan dicabut.

Hal itu disampaikan Bupati Douw pada hari minggu (03/05). Dikatakan Bupati, dirinya mendapat laporan perihal kenaikan harga sembako dari sejumlah warga masyarakat. Oleh karena itu, Bupati memerintahkan kepada Tim Pengendali Harga agar segera mengecek dan mengendalikan harga sembako di pasaran.

“Saya dapat laporan warga bahwa sejumlah toko dan kios dan sejumlah pasar telah menaikan harga sembako dari harga normal. Ini tidak boleh. Tim pengendali harga segera pantai pasar. Jika kedapatan, catat, saya akan cabut izin. Ini tidak main-main,” kata Bupati, seperti dilansir dari Humas Pemkab Nabire. Lanjut Bupati, terkait pembatasan sosial yang ia tetapkan dalam Surat Edaran Bupati Nomor 440/862/Set bukan pembatasan sosial berskala besar, karena aktivitas jual beli masih diijinkan berjalan.

Yang dibatasi hanya jam operasionalnya saja atau jam tutup buka. Oleh karena itu, Bupati meminta agar jangan ada pihak-pihak yang mencoba memanfaatkan kondisi tersebut dengan menaikan harga sembako seenaknya. “Tolong saling kerja sama, mari lawan Covid-19 ini dengan mematuhi semua himbauan agar segera teratasi. Kami sedang kerja keras, tolong kerja sama warga, salah satunya dengan tidak naikan harga sembako seenaknya,” kata Bupati Isaias.

Hasil monitoring terakhir yang dipimpin Asisten II, Thaif Syafiudin pada April 2020 menunjukkan harga sembako masih normal. Pada bulan Mei ini tim akan melakukan monitoring untuk menjaga stabilitas harga sembako di pasar.