Oktober 22, 2020

Bupati Yahukimo Ajak Mahasiswa Berdialog

kabarmandala.com — Bupati Kabupaten Yahukimo, Abock Busup memastikan 600-an mahasiswa asal Yahukimo telah berada di Kota Jayapura, sementara 120 orang mahasiswa di Dekai. Jumlah ini dari keseluruhan 1.950 mahasiswa yang kuliah di sejumlah kota studi di Indonesia.

Kata Abock, mahasiswanya pulang karena tidak ada jaminan, ada ancaman dan teror yang menghampiri para mahasiswa itu. “Akibatnya mahasiswa pulang dan saat ini kami terus berkomunikasi dengan mahasiswa yang ada di Jayapura untuk menanyakan  kenapa dua kali diundang Gubernur Papua, tapi mahasiswa tak datang,” jelasnya, Senin 16 September 2019.

Abock juga telah berbicara dengan mahasiswanya dan ada kesepakatan para koordinator kota studi akan rapat bersama, setelah itu mahasiswa asal Yahukimo bersedia bertemu dengan Gubernur Papua. Abock juga memastikan Dekai, ibukota Kabupaten Yahukimo dalam keadaan kondusif, pasca unjuk rasa ribuan warga di Dekai. Ia menduga pendemo di Dekai melakukan aksinya karena ada informasi hari ini akan dilakukan unjuk rasa serentak di Papua.

“Masyarakat saya akhirnya unjuk rasa juga har ini, untuk melumpuhkan  aktifitas , tapi perlu di catat bahwa itu demo damai,” jelasnyadi Gedung Negara, Senin 16 September 2019.