Mei 13, 2021

Command Center TNI Polri rencananya akan berada di Mile 39

kabarmandala.com — Mile 39 yang merupakan lokasi posko aparat gabungan TNI-Polri akan dijadikan Command Center untuk mengamankan situasi daerah PT. Freeport Indonesia. Pada Kamis, (16/4/2020), Kapolda Papua Irjen. Pol Paulus Waterpauw dan Pangdam XVII/Cenderawasih, Mayjen TNI, Herman Asaribab beserta jajarannya melakukan peninjauan lokasi posko aparat gabungan TNI-Polri di mile 39 tersebut.

“Untuk melakukan sinergitas kepada pihak managemen PT Freeport Indonesia, kita akan mengambil ruang dan tempat untuk membangun semacam command center untuk memudahkan comando,” kata Kapolda Paulus kepada wartawan di Mile 39, Kamis (16/4/2020). Ia mengatakan, area Mile 39 sangat strategis. Karena jika terjadi penembakan di area mile 40-70 ke atas, maka posko tersebut letaknya sudah sangat dekat. “Jadi anggota dapat dengan mudah untuk melakukan pengendalian situasi,”ujarnya.

Karena itu, pihaknya sedang mengecek secara langsung didampingi oleh pihak Managemen PT Freeport Indonesia yang diperkirakan lokasi tersebut bisa digunakan oleh satuan tugas. “Intinya kami hanya mengecek lokasi yang akan dijadikan posko. Untuk itu kami ucapkan terima kasih kepada managemen yang membantu kami memfasilitasi ini. Untuk jumlah aparat keamanan dan kapan akan dilaksanakan pembangunan Command Center tersebut nanti akan dibicarakan lagi,” tururnya.