Mei 16, 2021

Daerah riskan Beresiko Pintu Masuk Virus Corona di Papua Barat

Kabarmandala.com – “Tiga daerah di Papua Barat itu, yakni Manokwari merupakan wilayah yang riskan sebagai penyebaran Virus Corona karena adanya pabrik semen. Lalu, Raja Ampat merupakan tempat pariwisata dunia. Terus di Teluk Bintuni, karena ada BP Tangguh,” jelas Otto dalam Rapat Koordinasi Kesiapsiagaan Virus Corona, Manokwari, Senin, 27 Januari 2020.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Papua Barat, Otto Parorongan mengungkapkan, ada tiga daerah di Provinsi Papua Barat yang beresiko sebagai pintu masuk Virus Corona dan juga riskan terhadap penyebaran virus mematikan yang pertama kali ditemukan di wilayah Wuhan, China.

Menurut Otto, ketiga kabupaten itu dikategorikan memiliki akses langsung ke Tiongkok atau China. Untuk itu, diharapkan kepada semua pihak terkait agar dapat bekerja sama dalam mencegah penyebaran Virus Corona ini.

“Memang tak ada saat ini, tapi mengantisipasi tetap harus dilakukan. Yang perlu dilakukan saat ini, adalah membangun kerjasama antara dinas kesehatan daerah, kantor kesehatan pelabuhan dan bandara, rumah sakit, dan laboratorium dalam mendeteksi virus ini secara dini,” beber Otto.