Desember 5, 2020

Dalam rangka pengamanan Natal dan tahun baru sebanyak 63 pos dibuka di beberapa titik rawan

kabarmandala.com — Kepolisian Daerah (Polda) Papua latihan Pra Operasi Lilin Matoa 2019 di Aula Rastra Samara Poda Papua, Jumat (20/12). Hal ini terkait dengan pengamanan Natal dan Tahun Baru 2020. Irwasda Polda Papua Kombes Pol Mulyadi Kaharni menyampaikan, Operasi Lilin merupakan salah satu Operasi Kepolisian dalam rangka mengamankan perayaan Natal dan Tahun Baru , karena perayaan tersebut selalu ditandai dengan meningkatnya aktifitas dipusat perbelanjaan, tempat ibadah dan tempat rekreasi.

“Melalui Operasi ini kita ciptakan kondisi yang aman dan nyaman serta dapat mengurangi angka kecelakaan lalu lintas,” ucap Mulyadi. Dikatakan, pelaksanaan Operasi Lilin Matoa 2019 Polda Papua adalah operasi terpusat dan serentak yang dilaksanakan seluruh jajaran Kepolisian, yang rencana akan dilaksanakan selama 10 hari. Terhitung mulai tanggal 23 Desember 2019 sampai dengan Januari 2020 untuk menanggulangi setiap gangguan dan ancaman serta kemungkinan lain yang dapat menghambat pelaksanaan perayaan Natal dan Tahun Baru 2020.

“Penyelenggaraan Latihan Pra Operasi ini sangat penting, dan diharapkan dari hasil pelaksanaan Latihan Pra Operasi ini akan memperoleh hasil kerja yang memuaskan dalam pelaksanaan di lapangan dan memberikan kenyamanan bagi warga masyarakat dalam memperingati hari Raya Natal 2019 dan Tahun Baru 2020,” harapnya.

Sementara itu, Karo Ops Polda Papua Kombes Pol Gatot Hariwibowo dalam paparannya menyampaikan bahwa tujuan dari Latihan Pra Operasi ini adalah menyamakan pola pikir dan pola tindak dalam pengamanan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020.

Peningkatan kemampuan dan keterampilan pers Polri dalam pengamanan Natal dan Tahun Baru. Mensinergikan seluruh pers Polri yang bertugas agar memiliki kemampuan dan pemahaman yang sama dalam Pam Natal dan Tahun Baru dan memperagakan dan mengevaluasi perlengkapan untuk digunakan dalam pengamanan Natal dan Tahun Baru.

“Target dari kegiatan Operasi Lilin Matoa 2019 antara lain gereja, bandara dan pelabuhan,” ucapnya. Selain itu, orang antara lain sedang berbelanja dan yang merayakan natal. barang seperti senjata tajam, Miras, narkoba, petasan dan sembako serta kegiatan seperti ibadah natal, arus mudik dan balik dan perayaan tahun baru.

“Polda Papua melakukan pengamanan di tempat Ibadah sebanyak 2.247 gereja di Provinsi Papua, sebanyak 48 tempat wisata, 63 SPBU, 70 fasilitas umum, 33 pelabuhan dan dermaga, 14 terminal, 42 bandara dan 117 pusat perbelanjaan di Provinsi Papua,” terangnya.

Polda Papua menempatkan Pos Ops Lilin Matoa 2019 sebanyak 63 Pos yang ada di wilayah Hukum Polda Papua antara lain Jayapura Kota sebanyak 7 Pos, Kabupaten Jayapura sebanyak 5 Pos, Jayawijaya sebanyak 2 Pos, Biak Numfor sebanyak 4 Pos, Nabire sebanyak 3 Pos, Merauke sebanyak 5 Pos, Kep. Yapen sebanyak 2 Pos, Mimika sebanyak 5 Pos, Paniai sebanyak 2 Pos, Puncak Jaya sebanyak 2 Pos, Keerom sebanyak 3 Pos, Sarmi sebanyak 3 Pos, Peg. Bintang sebanyak 2 Pos, Yahukimo sebanyak 2 Pos, Tolikara sebanyak 2 Pos, Mappi sebanyk 2 Pos, Boven Digoel sebanyak 3 Pos, Supiori sebanyak 2 pos, Waropen sebanyak 2 pos, lanny Jaya sebanyak 1 pos, Mamberamo Raya sebanyak 1 pos dan Mamberamo tengah sebanyak 1 pos. Pos tersebut dapat digunakan sebagai rest area dan pertolongan kesehatan serta pelayanan pengaduan