Mei 11, 2021

Dampak dana dari pusat tidak disalurkan adalah PON di Mimika terancam gagal

kabarmandala.com —  Bupati Mimika, Eltinus Omaleng mengatakan PON di Mimika terancam batal jika Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) tidak segera salurkan anggaran akomodasi. “Kita masih butuh anggaran yang besar. Anggaran untuk pelaksanaan PON ini, kita butuhkan Rp. 600 miliar,” ungkap Bupati Mimika, Eltinus Omaleng kepada awak media, Rabu (26/2/2020).

“Dana itu kita butuh dalam waktu dekat, paling lambat Maret anggaran tersebut sudah harus ada,” lanjutnya. Dana itu, Bupati sebut untuk biaya para atlet, bimbingan teknis (Bimtek), DP tempat penginapan/hotel. Sampai sekarang kata Bupati, dana tersebut belum ada, namun infromasi bahwa anggaran sudah disalurkan kepada provinsi. Ia berharap anggaran tersebut segera disalurkan kepada kabupaten-kabupaten yang menyelenggarakan PON.

“Kalau dana itu tidak juga diberikan, lebih baik PON di Mimika batal saja,” ungkap Bupati Omaleng. “Untuk bayar itu semua kita butuh dana dari Pusat, tidak gunakan APBD. APBD Kabupaten Mimika tidak diperuntukkan untuk pelaksanaan PON tahun 2020 yang akan dilaksanakan di Mimika,” ujarnya. APBD digunakan untuk pembangunan di Kabupaten Mimika. (Jefri Manehat)