Home / News / Diharap Tepat Sasaran Dana Langsung Transfer Ke Para Korban

Diharap Tepat Sasaran Dana Langsung Transfer Ke Para Korban

kabarmandala.com — Kementerian Sosial (Kemensos) Dr. Agus Gumiwang Kartasasmita, M.Si. memberikan bantuan dana senilai Rp1,21 miliar akan langsung ditransfer ke rekening para korban dampak kerusuhan di Jayapura. Hal ini dilakukan agar bantuan tidak salah sasaran. Kepala Dinas Sosial Papua, Ribka Haluk menyebutkan, data rekening bank para korban kerusuhan telah disampaikan ke Kementerian Sosial untuk pendataan lebih lanjut. Dana bantuan Rp 1,21 miliar ini akan dibagi kepada para korban tanpa membedakan suku maupun ras.

“Data sudah sampai di Kementerian Sosial, jadi sistemnya cash transfer atau dananya langsung masuk ke rekening penerima bantuan.  Bantuan ini diperuntukan bagi seluruh korban yang terkena dampak, baik orang asli Papua (OAP) maupun Non-Papua,” terangnya usai apel pagi di halaman Kantor Gubernur Papua, Senin (16/9).

Menurut Ribka, data para korban ini penting diverifikasi dan validasi agar Pemerintah bisa mendistribusikan bantuan sesuai yang diperuntukan. Hal ini dimaksudkan agar tidak terjadi salah sasaran dalam penyaluran bantuan tersebut. “Kita akan perkuat data dulu supaya transfernya bisa langsung sampai ke sasaran, sehingga kalau bisa dipertanggungjawabkan. Saatini kita masih punya data rekening, tapi misalnya kalau disalurkan melalui pihak kedua atau ketiga, takutnya tidak sampai,” katanya.

Dia menambahkan, Pemerintah Provinsi Papua melalui Dinas Sosial terus berkoordinasi dengan Pemerintah Kota Jayapura untuk mendata para korban yang terdampak kerusuhan 29 Agustus lalu. “Informasnya banyak warga yang telah pulang kampung dan berpindah alamat pascakerusuhan sehingga belum terdata secara baik,” imbuhnya.

Sebelumnya, Menteri Sosial Agus Gumiwang Kartasasmita menyalurkan bantuan sebesar Rp 7,3 miliar untuk korban kerusuhan di Papua dan Papua Barat, pada pertengahan Agustus lalu. Bantuan yang diterima Gubernur Papua Lukas Enembe di Gedung Negara Jayapura, 10 September lalu, Rp 1,21 miliar diantaranya diperuntukan untuk 242 unit usaha di Kota Jayapura, Papua. Masing-masing unit usaha akan memperoleh bantuan sebesar Rp 5 juta.

About redaksi

Check Also

Jokowi Rencana ke Papua Tinjau Pemulihan Pasca Banjir Bandang Dan Kerusuhan Wamena

kabarmandala.com — Presiden Joko Widodo (Jokowi) berencana meninjau proses pemulihan pasca banjir bandang di Sentani, Kabupaten …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *