November 26, 2020

Diskop Mimika telah menyiapkan souvenir PON salah satunya noken

kabarmandala.com — Dalam menghadapi suatu event besar, perlu ada souvenir khas untuk menunjukkan jati diri suatu daerah. Untuk itu, sebagai pelengkap untuk memeriahkan Pekan Olah Raga (PON) XX 2020 yang akan dilaksanakan Oktober mendatang, Dinas Koperasi (Diskop) Kabupaten Mimika telah menyiapkan berbagai macam souvenir.

Souvenir yang disiapkan bukan hanya berupa gelas, gantungan kunci, manik – manik dan kerajinan tangan lainnya namun ada produk lainnya yakni Noken yang juga dicanangkan untuk wajib digunakan saat PON nanti. Noken yang siap dipasarkan sebagai oleh – oleh dari Mimika diambil dari mama – mama penjual noken, kemudian di depan noken akan dijahit semacam kain katun yang tebal dengan motif dua hewan yang digunakan sebagai maskot yakni kangguru pohon mantel emas dan burung cenderawasih beserta logo PON XX dan bertuliskan “PON XX Papua Sub Mimika, Torang Bisa”.

“Untuk pembuatan souvenir kami sedang membina dua koperasi untuk menyediakan segala macam bentuk souvenir mulai dari gantungan kunci, gelas kemudian ada noken,” Jelas Ida Wahyuni, Kepala Dinas Koperasi Kabupaten Mimika, Senin (3/2/2020).

Ia menjelaskan pada intinya nokennya diambil dari mama – mama Papua, kemudian logo PONnya dari koperasi yang sudah di bina. “Kami memang terkendala waktu karena sebagian besar kami juga fokus ke pembangunan kantor sehingg pembinaan baru dilaksanakan tahun 2019. Akan tetapi mengenai produksi souvenir kami sudah sangat siap karena saat ini sudah dalam tahap produksi,” tuturnya.