Oktober 20, 2020

Doren Wakerkwa Ingatkan Hery Ario Naap Segera Tetapkan Wakil Bupati Biak Numfor

kabarmandala.com — Bupati Biak Hery Ario Naap diingatkan untuk segera mendorong penetapan wakil bupati setempat, sepeninggal Alm. Nehemia Wospakrik MM yang mangkat pada 2018 lalu. Asisten Bidang Pemerintahan Sekda Papua Doren Wakerkwa minta agar penetapan wakil bupati Biak yang baru, tak ditunda-tunda. Sebab akan mendapat penilaian buruk dari masyarakat.

“Sekda atas nama Gubernur Papua kan sudah menyurat ke Bupati Biak supaya proses rekrutmen wakil bupati segera dilaksanakan. Artinya, tidak boleh pemerintah (Biak) berlama-lama”. “Harus mempercepat (penetapan wakil bupati) karena jika lama-lama akan dicurigai masyarakat,” ucap ia di Jayapura, Rabu (19/2/2020).

Dia tambahkan, penunjukan wakil bupati yang baru sangat penting untuk menunjang pemerintahan dan pembangunan di Biak. Oleh sebab itu, dia berharap pernyataan ini dapat segera direspon pemda dan DPRD setempat, supaya tidak terjadi kekosongan jabatan dalam waktu yang lama di kabupaten itu.

Gubernur Papua Lukas Enembe dalam beberapa kesempatan sebenarnya telah menginstruksikan Bupati Biak Herry Ario Naap untuk segera mendorong pengisian jabatan wakil bupati Biak. Hanya saja dia meminta agar pengisian jabatan wakil bupati tak boleh dilakukan atas dasar keinginan bupati semata atau pihak tertentu. Pengisian jabatan wajib mengacu kepada aturan dan ketentuan perundang-undangan yang berlaku.