Maret 3, 2021

Gerak Cepat Bupati Kepulauan Yapen Tangani Corona Covid-19

kabarmandala.com — Langkah cepat penanganan Covid-19 dilakukan oleh Bupati Kabupaten Kepulauan Yapen, Tonny Tesar. Pihaknya telah membeli alat tes Biological Safty Cabinet atau BSC untuk digunakan tes swab pasien suspect reaktif Covid-19. Alat buatan Amerika Serikat ini dibeli dengan harga Rp409 juta dari Jakarta. Bupati Tonny menyebutkan BSC-Biological Safty Cabinet adalah alat laboratorium untuk pemeriksaan swab tes cepat molekuler PCR, termasuk reagen atau catridge.

“Senin besok alat ini akan diangkut oleh Hercules TNI AU dari Halim Perdanakusuma ke Jayapura dan akan dilanjutkan dengan pesawat CN Jayapura-Serui. Dalam pengiriman itu juga ada 2.000 pak rapid test, serta bantuan APD dari Gereja Reform Pendeta Steven Tong di Jakarta,” katanya pada Minggu 3 Mei 2020.

Nantinya, BSC akan ditempatkan di RSUD Serui. Pemerintah Daerah Kepulauan Yapen akan mendatangkan Tim Laboaratorium untuk melatih pemeriksaan swab bagi tenaga medis setempat. “Pengadaan ini dilakukan agar Yapen tak perlu lagi mengirim hasil swab ke Jayapura ataupun kota lain. Pengadaan ini sesuai permintaan RSUD Serui dan akan didatangkan pelatih dari Jayapura untuk proses pengambilan swab,” ujarnya.

Bupati Tonny yakin dengan adanya alat ini dapat memudahkan dalam memutus rantai corona di Kepulauan Yapen, karena cepat terdeteksi pasien positif Covid-19. “Terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu Pemkab Yapen dalam penanganan Covid-19, termasuk Direktur P2PML Kemenkes, Ibu Windra dan Gereja Reform Pendeta Steven Tong, TNI AU, dan seluruh petugas dari Gugus Tugas Covid-19. Semoga pandemi ini segera berakhir,” katanya.