Mei 13, 2021

Gerhana matahari cincin terlihat di Timika

kabarmandala.com — Umat muslim mengikuti shalat sunnah gerhana matahari cincin di Masjid Ar-Rahman, Kamis (26/12). Menariknya, para jamaah tersebut banyak diikuti oleh anak-anak. Shalat gerhana matahari itu sendiri dilakukan setelah shalat zduhur.

Ketua MUI Mimika Ustad Amin mengatakan, pelaksanaan shalat gerhana dilakukan di dua tempat yakni Masjid Ar-Rahman Jalan Kartini dan Sabiqul Muttaqien Jalan Cenderawasih. Diketahui, Kabupaten Mimika termasuk wilayah yang terkena sinar sebagian bayang gerhana matahari cincin yang terlintasi pada pukul 14.37 WIT.

“Mari kita seluruh umat muslim meningkatkan iman dan taqwa, dimana semua umat muslim diberi kesempatan untuk menyaksikan fenomena alam,” ujarnya saat ditemui Salam Papua usai shalat sunnah berjamaah. Dalam kesempatan yang sama Ketua Bimas Islam Kabupaten Mimika, H Muhammad Ahdin, meminta kepada umat muslim bertepatan dengan fenomena langka ini merupakan bukti kebesaran Allah SWT untuk itu diharapkan umat muslim memperbanyak Sholawat dan mengagungkan nama Allah dengan bertakbir dan memperbanyak ibadah dan shodakoh atau beramal lebih banyak.

“Ini fenomena alam ini bukti kebesaran Allah, mari kita semua melaksanakan sholat gerhana dengan khusu, juga memperbanyak dzikir dan shodakoh,” harapnya.