Home / Artikel / Gubernur : Jika Masalah Nduga Tidak Segera Ditangani, Akan Lahir Pemberontak Baru

Gubernur : Jika Masalah Nduga Tidak Segera Ditangani, Akan Lahir Pemberontak Baru

kabarmandala.com — Gubernur Papua, Lukas Enembe, SIP, MH menilai jika masalah Nduga tidak segera ditangani dengan baik akan melahirkan generasi pemberontak baru. “Kalau kita tidak selesaikan akan begitu terus, dari generasi ke generasi akan begitu terus,” kata Gubenur Enembe kepada wartawan di Gedung Negara, Kamis (10/10)

Gubernur Enembe menjelaskan, generasi yang ada saat ini atau Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) pimpinan oleh Egianus Kogoya, lahir dari generasi Kelly Kwalik, setelah generasi Egianus Kogoya mungkin 20 tahun ke depan akan lahir lagi pemberontak baru. “Karena lahir dalam situasi seperti ini seperti mengungsi kemana-mana yang nantinya akan melahirkan generasi pemberontak baru,” terangnya.

Gubernur Enembe berharap generasi Papua yang ada saat ini bukan menjadi pemberontak, tetapi generasi Papua lahir untuk membangun Papua. “Kita harap mereka lahir bukan untuk jadi pemberontak tetapi mereka lahir untuk membangun Papua,” jelasnya. Untuk menangani masalah Nduga, Gubernur Enembe mengaku telah beberapa kali bertemu Bupati Nduga dan Wakil Bupati Nduga.

“Saya sudah ketemu bupati dan wakil bupati, mereka cukup aktif mengatur masyarakat Nduga,” tandasnya. Untuk menangani masyarakat Nduga, lanjut Gubernur Enembe, Pemerintah Kabupaten Nduga dapat mengalokasikan anggaran dari APBD untuk kepentingan masyarakat Nduga.

“Kan tentara tidak semua ada di Kabupaten Nduga, oleh karena itu APBD harus dikelola dengan baik untuk kepentingan masyarakat,” ucap Gubernur. Sampai saat ini sebanyak 184 masyarakat yang menjadi korban di Kabupaten Nduga dan masyarakat masih mengungsi ke kabupaten Lanny Jaya, Merauke, Wamena dan Timika.

About Topan Mostav

Check Also

Numbay Kreatif Festival NCF 2019 sudah mencapai 80% persiapan

kabarmandala.com — Ketua Jaringan Komunitas Kreatif Numbay (J-KON) Muhamad Ilham M. Murda ST.M.Sn, melihat kerja kerasnya …