Januari 23, 2021

Gugus Tugas Lakukan Pemeriksaan Keluarga terkait Positif Corona di Kabupaten Jayapura

kabarmandala.com — Adanya dua pasien yang diketahui positif terkena virus Corona atau Covid-19 yang saat ini sudah diisolasi di RSUD Yowari, Kabupaten Jayapura, Tim Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Jayapura akan melakukan pemeriksaan secara berkala terhadap anggota keluarga dua pasien positif yang ada di rumah.

“Tim akan memperketat pengawasan terhadap kontak pasien dengan orang lain. Sudah perintahkan kepada tim epidemologi untuk melakukan stretching yang ketat, mungkin akan melakukan langkah-langkah untuk melakukan pemeriksaan terutama anak istri, keluarga yang sudah melakukan kontak langsung satu rumah, serta terhadap kelompok yang beresiko artinya kelompok yang bersama-sama mengikuti kegiatan tersebut dari Makassar,” kata Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Jayapura, Khairul Lee.

Untuk diketahui, dua pasien positif terkena virus Corona atau Covid-19 yang sudah diisolasi, berasal dari Distrik Sentani Kota dan di Doyo Baru, Distrik Waibu. Pasien pertama dengan kode Y10 itu yang kini sudah positif Corona, berdasarkan riwayat perjalanannya dari Makassar dan tiba di Jayapura pada 25 Maret 2020. Kemudian pasien yang satunya dengan Kode Y9 terpapar dari kontak langsung dengan salah satu saudaranya yang dari Makassar yang saat ini melakukan perjalanan ke Kabupaten Sarmi.

Khairul Lee menambahkan, untuk meminimalisir ternjadinya penyebaran di masyarakat, akan melakukan pemeriksaan mengunakan Rapid Test, terutama bagi tenaga medis yang pernah melakukan kontak bagi dua pasien positif Corona.