Oktober 26, 2020

Harapan dari PWI kepada Ketua DPR Papua Barat

kabarmandala.com — Penetapan Orgenes Wonggor oleh Partai Golkar, sebagai Ketua DPR Papua Barat definitif, turut diapresiasikan oleh Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Papua Barat. “Kami mengucapkan selamat atas mandat rakyat kepada Pak Orgenes, dan kami berharap ada perubahan dalam membuka ruang bagi Jurnalis dalam mengakses Informasi tentang dokumen APBD di dewan,” kata Ketua PWI Papua Barat, Bustam, Kamis (24/10/2019).

Bustam mengatakan, Orgenes Wonggor, yang pernah menjadi aktifis di LSM Perdu dan aktifis lingkungan, diyakini selama kepemimpinannya, dapat menjalankan tiga fungsi DPR yakni Budgeting, Regulatif dan Controlling dengan baik.

“Kami ketahui, pak Wonggor selama ini punya hubungan baik dengan pers karena itu dengan kepemimpinannya sebagai Ketua DPRPB definitif, maka keterbukaan ruang bagi Informasi di DPR Papua Barat, akan semakin baik dan wartawan akan semakin mudah untuk mengakses informasi kedewanan,” sebutnya.

“Dokumen APBD itu dokumen Publik, jadi Jurnalis bisa mendapat dokumen itu, sebagai bagian dari pengawasan. Sebab UU memberikan jaminan akan hal itu. Agar kami juga ikut mengawasi sesuai dengan tupoksi kami. Saya pikir, keterbukaan itu penting,” jelasnya.

“Kami percaya, kepemimpinannya sebagai anggota DPRD selama 2 periode lalu, membuat pak Orgenes miliki pengalaman yang cukup, sehingga dapat menjalankan tugas dan agenda kedewanan kedepan. Juga dapat melanjutkan agenda sebelumnya yang belum sempat diselesaikan,” tandasnya.