Januari 20, 2021

Hasil CPNS 2018 Akan Diumumkan Serentak Dengan Provinsi Papua

kabarmandala.com — Hasil seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2018 di Provinsi Papua Barat, sampai saat ini belum juga diumumkan. Salah satu penyebab belum diumumkannya hasil CPNS 2018, yakni belum rampungnya data terkait dengan kuota formasi beberapa kabupaten yang ada di Provinsi Papua.

Gubernur Papua Barat Dominggus Mandacan mengatakan untuk Provinsi Papua Barat sendiri, sejauh ini berdasarkan laporan tidak ada masalah. Kendati demikian, berdasarkan petunjuk dari Kementerian Pendayagunaan Apartur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB), pengumuman CPNS di Provinsi Papua dan Papua Barat harus diumumkan serentak.

“Iya untuk Papua Barat, kita punya berkas ujian atau tes semua sudah rampung. Hanya memang harus diumumkan serentak se-Tanah Papua. Jadi memang di Papua itu ada beberapa kabupaten yang persyaratannya belum lengkap,” ungkapnya , usai membuka kegiatan Rakerda MUI Papua Barat ke III, di Kabupaten Kaimana, Jumat (13/12).

Menurutnya, dalam menentukan kuota untuk orang asli papua (OAP), yaitu 80 persen dari tiap-tiap latar belakang ilmu atau jurusan itu yang ada hambatan sedikit. “Tapi kita untuk Papua Barat, semua sudah siap tetapi harus diumumkan serentak untuk Papua dan Papua Barat,” ucapnya.

Ditanya kepastian pengumuman hasil CPNS 2018, jawabnya, semua tergantung dari Provinsi Papua. Karena ada beberapa kabupaten di Papua, yang datanya belum lengkap. Jika sudah dilengkapi data formasi, maka akan diumumkan secara serentak hasil CPNS 2018.