Oktober 28, 2020

Himbauan Kapolda Papua kepada Warga Cegah Dan Antisipasi Kejahatan Konvensional

kabarmandala.com — Kapolda Papua, Irjen Pol Paulus Waterpauw melakukan ibadah hari minggu di Gereja Elim Abepura, Kota Jayapura. Pada kesempatan tersebut, Kapolda Papua juga berpesan kepada jemaat, untuk membantu aparat keamanan dalam menjaga kamtibmas.

“Saat ini, saudara semua telah merasakan kehidupan yang aman dan damai kembali, pasca serangkaian peristiwa di Jayapura, Wamena, ataupun daerah lainnya. Karena sudah aman, bapak dan ibu sekalian bisa merasakan bagaimana sulitnya menjalankan kehidupan hingga aman saat ini,” katanya, Minggu (29/12).
Kapolda Papua juga mengingatkan masih adanya kelompok yang tak sepaham dengan ideologi bangsa. Walau begitu, pihaknya tetap bekerjasama dengan pemerintah dan sejumlah tokoh adat, agama dan pemuda setempat dalam menjaga kamtibmas. Lanjut Kapolda Papua, dari hasil evaluasi Polda Papua, kejahatan konvensional lainnya yang masih meningkat adalah pencurian kendaraan bermotor.
“Sudah 2 bulan saya kembali ke Polda Papua. Kita sibuk dengan konflik berbagai permasalahan, namun masih ada kejahatan konvensional yang menjadi pemacu lajunya kejahatan itu sendiri,” katanya. Termasuk adanya, kelompok terduga teroris, mulai dari kelompok Lampung, Sumatera Utara hingga Solo yang telah masuk di Papua.
“Kelompok terduga teroris ini sedang berlatih di Papua. Wilayah kita cukup luas dan nyaman bagi mereka untuk melakukan pelatihan-pelatihan. Saya juga mohon bantuan ibu dan bapak dalam menjaga lingkungan tempat tinggal masing-masing. Jika ada hal mencurigakan bisa laporkan kepada kami,” ujarnya.