Maret 3, 2021

Himbauan kepada Kepala Kampung di Kabupaten Jayapura agar Tak Sembarang Gunakan Dana Desa

kabarmandala.com — Wakil Ketua (Waket) II Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Jayapura, Nelson Sorontou mengimbau kepada setiap kepala kampung di wilayah Kabupaten Jayapura agar tak sembarang menggunakan dana desa yang dikhususkan untuk pembangunan di tingkat bawah.

“Dana desa yang dialokasikan setiap tahun sangat besar bagi kampung-kampung yang ada di Kabupaten Jayapura. Jadi para kepala kampung jangan sembarang gunakan dana desa,” jelas Nelson kepada wartawan saat ditemui di ruang kerjanya, Kantor DPRD Jayapura di Sentani, Senin 3 Februari 2020.

Nelson juga mengatakan, jika dana desa yang cukup besar jumlahnya yang diberikan ke tiap kampung di Kabupaten Jayapura itu, tak digunakan dengan baik atau tepat sasaran, maka hal itu yang menjadi penyebab lambatnya pembangunan dari tingkat bawah.

Kata dia, dengan menjadikan distrik sebagai pusat pelayanan publik, data dan informasi, maka kewenangan tersebut sangat efektif dalam menertibkan dan memantau kinerja dari setiap kepala kampung dalam penggunaan anggaran.

Namun menurut Nelson, dengan adanya pemberian wewenang kepada distrik, maka pemerintah Kabupaten Jayapura juga harus terus melakukan pengawasan. Sehingga apa yang dikerjakan, baik di tingkat distrik dan kampung benar-benar sesuai visi dan misi.

“Tapi kewenangan itu harus terus di pantau, kalau tidak sama saja akan jadi bumerang bagi kita. Sebab ketika kampung itu maju, maka distrik juga maju. Kalau dengan dana besar itu, lalu tak ada kemajuan, itu harus di cek ada apa? Kami juga minta kepala distrik harus pantau dan dinas terkait juga harus pantau para kepala kampung,” jelasnya.