April 20, 2021

Idul Adha tahun ini Kota Jayapura diwarnai penyembelihan 400 ekor sapi dan kambing

kabarmandala.com — Perayaan Idul Adha 1440 Hijriah di Jayapura, Provinsi Papua, diwarnai dengan penyembelihan sebanyak 400 ekor sapi dan kambing yang merupakan sumbangan dari umat Islam setempat.Ketua BaznasKota Jayapura Abdul Hadi kepada ANTARA di Jayapura, Ahad, mengaku banyaknya hewan kurban itu karena pemotongannya dilakukan tersebar di 168 masjid yang berada di lima distrik. “Memang dari laporan yang terungkap jumlah hewan qurban meningkat dibanding tahun sebelumnya,” ujarnya.

Ia mengatakan daging hewan kurban itu selain dibagikan kepada warga di sekitar masjid, juga diberikan kepada mereka yang berhak menerimanya. Penyembelihan hewan kurban dilakukan mulai pukul 08.00 WIT atau seusai shalatIdul Adha. Sementara itu, pelaksanaan shalat Idul Adha 1440 H di wilayah Kota Jayapura berlangsung aman dan dilaksanakan di lapangan serta masjid yang selama ini menyelenggarakan shalat Idul Adha maupun Idul Fitri.

Untuk wilayah Distrik Jayapura Utara beberapa lokasi yang menjadi tempat pelaksanaan shalat Idul Adha 1440 H di antaranya, halaman kantor gubernuran Dok 2 dan lapangan apel Mapolda Papua. Seusai shalat Idul Adha nampak umat Muslim saling bersalaman dan bermaaf-maafan.