Desember 2, 2020

Ini Lokasi Sembunyi KKSB OPM dan Kelompok Lain yeng Terpantau Sudah Diketahui Polisi

kabarmandala.com — Pergerakan Kelompok Kriminal Bersenjata ( KKB) pimpinan Egianus Kogoya sudah termonitor oleh polisi. Dari informasi yang didapat, KKB tersebut diketahui sedang bergerak ke wilayah Tembagapura, Kabupaten Mimika.

Selain kelompok Egianus, polisi juga mendeteksi pergerakan kelompok lain, seperti Lekagak Telenggen. Mereka dianggap sudah lebih dulu menuju wilayah pertambangan PT Freeport Indonesia tersebut. Karena itu, pihaknya mengaku akan melakukan pengejaran dan penangkapan terhadap KKB tersebut.

“Kami tetap mencari dan berupaya menangkap mereka, ya mudah-mudahan kami bisa lumpuhkan mereka,” kata Kapolda Papua Irjen Paulus Waterpauw, Selasa (18/2/2020). Paulus mengatakan, aksi kekerasan yang dilakukan KKB sangat disayangkan. Sebab, akibat perbuatan yang dilakukan tersebut tak jarang justru menjadikan saudara mereka di Papua menjadi korban.

“Kami paham bahwa kelompok mereka ingin meminta perhatian berbagai pihak. Caranya, mereka mengganggu di beberapa wilayah, Kota Jayapura, Mimika, Deiyai, Wamena dan sebagainya dalam kasus rasisme kemarin kan tidak ditanggapi oleh kita dan tidak tertanggapi pula oleh pemerhati HAM,” kata dia.

“Mereka ingin memancing aparat bertindak tegas, sebenarnya intinya itu. Cuma maksud saya kan, dia membunuh saudaranya sendiri, dia menghancurkan pembangunan yang sudah dibuat oleh pemerintah dan rakyat di sini. Untuk apa?” sambung Waterpauw.

Sebelumnya, Paulus mengatakan selama ini kelompok kriminal bersenjata pimpinan Egianus diakui sulit dilakukan penagkapan. Sebab, mereka tak jarang menjadikan masyarakat sebagai tameng ketika aparat keamanan melakukan pengejaran terhadap yang bersangkutan.

“Di saat dilakukan pengejaran, mereka berlindung di balik masyarakat sehingga anggota kesulitan,” kata Paulus di Timika, Minggu (12/1/2020). Meski demikian, pihaknya menegaskan akan terus melakukan pengejaran dan menangkap yang bersangkutan baik dalam keadaan hidup atau menembak mati.

Pergerakan KKB

Kapolda Papua Irjen Paulus Waterpauw mengakui saat ini Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) pimpinan Egianus Kogoya sedang bergerak ke wilayah Tembagapura, Kabupaten Mimika. Bahkan, ia menyebut, ada kelompok lain yang sudah lebih dulu menuju wilayah yang merupakan kawasan pertambangan PT Freeport Indonesia tersebut.

“Informasi tentang pergerakan mereka sudah kami tahu, semuanya, Lekagak Telenggen dan kawan-kawan dari Puncak bergeser ke Intan Jaya, itu semua sudah jelas, termasuk kelompok Egianus,” ujar Waterpauw, di Jayapura, Selasa (18/2/2020). Waterpauw mengaku paham apa tujuan dari aksi KKB di sejumlah wilayah Papua, dan ia menyayangkan upaya yang ditempuh adalah cara anarkis.

Menurut dia, dari aksi-aksi yang dilakukan KKB, masyarakat Papua yang menjadi korban, bahkan banyak yang dipaksa untuk mengungsi. “Kami paham bahwa kelompok mereka ingin meminta perhatian berbagai pihak,” kata dia.

“Caranya, mereka menganggu di beberapa wilayah, Kota Jayapura, Mimika, Deiyai, Wamena dan sebagainya dalam kasus rasisme kemarin kan tidak tertanggapi oleh kita dan tidak tertanggapi pula oleh pemerhati HAM.” “Mereka ingin memancing aparat bertindak tegas, sebenarnya intinya itu,” sambung Waterpauw.

“Cuma maksud saya kan, dia membunuh saudaranya sendiri, dia menghancurkan pembangunan yang sudah dibuat oleh pemerintah dan rakyat di sini. Untuk apa?” Mantan Kapolda Sumatera Utara ini pun menegaskan bila aparat keamanan terus berupaya menindak siapa saja yang melakukan tindak pidana, termasuk KKB.

Pergerakan KKB disebutnya selalu termonitor dan aparat keamanan sedang berupaya untuk menangkap mereka. “Kami tetap mencari dan berupaya menangkap mereka, ya mudah-mudahan kami bisa lumpuhkan mereka,” kata dia.

Kontak senjata yang beberapa kali terjadi di Kabupaten Intan Jaya, kata Waterpauw, merupakan tindakan yang sengaja dilakukan KKB pimpinan Lekagak Telenggen untuk menakuti masyarakat. Sedangkan, Intan Jaya hanya merupakan tempat transit bagi kelompok tersebut, tujuan utama mereka adalah Tembagapura.