Oktober 28, 2020

Inilah Salah Satu Mukjizat Nabi Isa AS

kabarmandala.com — Nabi Isa alaihissalam, putra Maryam lahir di Betlehem, Palestina. Cucu dari Imran, keturunan dari Nabi Yakub alaihissalam ini memiliki sejumlah mukjizat yang diterangkan dalam Al Qur’an. Ada 6 Mukjizat Nabi Isa AS.  Nabi Isa AS hidup di masa sebelum Nabi Muhammad SAW menjalankan tugasnya sebagai penghulu para rasul. Sama seperti Nabi Muhammad SAW, Nabi Isa AS masuk dalam golongan ulul azmi. Yaitu, mereka yang punya keteguhan luar biasa dalam menyampaikan wahyu Allah SWT.

Sebagai utusan Allah SWT, Nabi Isa AS dianugerahi mukjizat untuk meyakinkan masyarakat umum. Bagi yang sudah yakin, keimanannya makin kuat setelah melihat mukjizat. Hal ini dikatakan Nabi Isa AS dalam surat Al-Imran ayat 49. “Sesungguhnya pada yang demikian itu adalah suatu tanda (kebenaran kerasulanku) bagimu, jika kamu sungguh-sungguh beriman.”

Tentunya, mukjizat tidak bisa terwujud tanpa izin Allah SWT. Berikut 6 mukjizat Nabi Isa AS yang disebutkan dalam Al Qur’an surat Maryam ayat 30, surat Al-Imran: 49, surat Al-Ma’idah: 110 dan surat Al-Ma’idah: 112.

1. Berbicara saat masih bayi
Mukjizat pertama Nabi Isa AS adalah mampu bicara saat masih berumur beberapa jam. Saat masih bayi, Nabi Isa AS mampu bicara dengan lancar dan mengenalkan dirinya pada masyarakat.  “Berkata Isa: “Sesungguhnya aku ini hamba Allah, Dia memberiku Al Kitab (Injil) dan Dia menjadikan aku seorang nabi.” (Al-Qur’an surat Maryam: 30).
Mukjizat diberikan untuk melindungi ibunya, Siti Maryam, dari fitnah lingkungan sekitar. Dengan mukjizat tersebut, kesucian siti Maryam yang melahirkan Nabi Isa AS tanpa ayah, bisa dilindungi.

2. Menciptakan burung hidup
Anugerah berikutnya dari Allah SWT untuk Nabi Isa AS adalah menciptakan burung hidup dari tanah liat. Mukjizat ini bisa disaksikan masyarakat atas izin Allah SWT. “Dan (sebagai) Rasul kepada Bani Israil (yang berkata kepada mereka): “Sesungguhnya aku telah datang kepadamu dengan membawa sesuatu tanda (mukjizat) dari Tuhanmu, yaitu aku membuat untuk kamu dari tanah berbentuk burung; kemudian aku meniupnya, maka ia menjadi seekor burung dengan seizin Allah.” (Al-Qur’an surat Al-Imran: 49).  Mukjizat ini juga disebut dalam Al-Qur’an surat al-Ma’idah. “Dan (ingatlah pula) diwaktu kamu membentuk dari tanah (suatu bentuk) yang berupa burung dengan ijin-Ku, kemudian kamu meniup kepadanya, lalu bentuk itu menjadi burung (yang sebenarnya) dengan seizin-Ku.” (Al-Qur’an surat Al-Ma’idah: 110).