Oktober 21, 2020

Irjen Pol Paulus Waterpauw : Peran Aktif Kepala Daerah Mengurusi Rakyat dan Aktif Membangun Komunikasi Bersama Jaga Keamanan

Kabarmandala.com – “Kami yakin, apabila terjadi konflik di suatu wilayah, sudah dapat dipastikan bahwa ada masalah juga dengan bupatinya. Padahal tugas aparat keamanan sudah jelas yaitu menjaga, mengamankan, melindungi serta menegakkan hukum,” ujarnya, usai Rapim TNI Polri di Cilangkap, Jakarta Timur, Selasa (28/1).

Kapolda Papua, Irjen Pol Paulus Waterpauw minta peran aktif bupati di Papua, menjaga keamanan di daerahnya masing-masing.

Ia mengakui, dulunya Kabupaten Puncak Jaya menjadi prioritas dalam pengamanan. Namun saat ini, kabupaten itu berangsur normal.
Kapolda Papua mengakui ada peranan besar Bupati Puncak Jaya yang selalu berada di tempat untuk mengurusi rakyatnya dan secara aktif membangun komunikasi bersama.
Sementara itu, jaringan komunikasi juga menjadi kendala dalam memberikan perintah, petunjuk, arahan maupun evaluasi kinerja kepolisian yang bertugas di pedalaman Papua. Ia berharap masalah ini dapat dicarikan solusinya.
Kapolda Papua mengakui sebelumnya terjadi gesekan di Kabupaten Nabire dan Intan Jaya. Namun, situasi hingga hari ini pada dua kabupaten itu berangsur normal.
“Jumlah pasukan yang ada saat ini mencukupi dan telah dibantu pasukan TNI. Kondisi keamanan secara keseluruhan cukup aman, nyaman dan kondusif,” jelasnya.
Kapolda Papua menyebutkan di Papua masih ada kelompok kriminal bersenjata (KKB) yang ingin terus mengganggu kenyamanan warga.
“Anggota KKB ini bukanlah penduduk setempat, namun pendatang dari wilayah lain. Kami terus membangun sinergitas dengan seluruh stakeholder, untuk mengetahui alasan keberadaan KKB di Papua, sebab anggota kami juga banyak yang menjadi korban KKB,” ujarnya.