Agustus 3, 2021

ISBI Tanah Papua Bertekad Ciptakan SDM Bidang Seni Selamatkan Budaya Papua

Kitorangpapuanews.com– Jayapura – Rektor Institut Seni Budaya Indonesia (ISBI) Tanah Papua, I Wayan Rai, memasuki usia yang kelima tahun, ISBI Tanah Papua bertekad menciptakan sumber daya manusia (SDM) Papua dalam bidang seni untuk menyelamatkan budaya Papua.

Menurut I Wayan, untuk mendukung program itu, pihaknya meningkatkan SDM dengan menyekolahkan 7 orang dosen yang masih bergelar strata satu (S1) kejenjang megister (S2) di Jogja dan Surakarta, serta juga menggalakan penelitian. “Semoga 2 tahun lagi kami punya 7 master bidang seni,” katanya disela Dies Natalis ke-5 tahun ISBI Tanah Papua, di Ekspo Waena, Kota Jayapura, Kamis, 10 Oktober 2019.

Diakui I Wayan, kendati baru, mahasiswa ISBI tak hanya berkipra di Papua, tetapi juga telah berkiprah di luar Papua, seperti Bali dan juga secara internasional. “Intinya bagaimana ISBI bisa bersama masyarakat di Papua maupun Indonesia dalam rangka peneyelamatan seni budaya,” jelasnya.

I Wayan berharap kedepan ISBI Tanah Papua bisa menghasilkan seniman-seniman untuk mengisi kekosongan guru seni pada level SD, SMP dan juga SMA di Papua. “Kami berharap ISBI Tanah Papua menjadi pusat unggulan Papua dalam bidang seni dan budaya,” katanya.

Berbagai perlombaan digelar dalam rangkah ulang tahun ISBI Tanah Papua, diantaranya lomba tari, fotografi, lukis kulit kayu dan lomba cenderamata. Selain itu, juga ada seminar bertajuk ISBI Tanah Papua dalam revolusi Industri 4 Poin O (4.0).