Oktober 21, 2020

Jelang HUT Kota Jayapura PDAM sediakan 500 sambungan pipa gratis

kabarmandala.com — Dalam rangka HUT Kota Jayapura tahun 2020, Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Jayapura akan menyediakan sambungan baru gratis, khusus untuk 500 sambungan air bagi rumah di wilayah Kota Jayapura.

Menurut Direktur Utama PDAM Jayapura, Entis Sutisna, persyaratan utama yang akan diberi kepada penerima 500 sambungan air untuk rumah di wilayah Kota Jayapura secara gratis, yakni sudah ada pipa distribusi utama dan jarak tak lebih dari 12 meter.

“Selanjutnya nanti akan kami data di masing masing unit pelayanan, sehingga sebelum tanggal 7 Februari 2020, kuota 500 sambungan air bagi rumah secara gratis itu bisa terpenuhi,” kata Entis. Selain itu, kata Entis, pihaknya juga akan melakukan pemutusan sambungan bagi pelanggan yang masih menunggak, yang dilakukan pada Februari yang akan bergerak di 8 regu pemutusan di wilayah Kota Jayapura.

Menurut Entis, pemutusan sambungan air ini dilakukan kepada pelanggan yang masih menunggak mencapai Rp34,4 miliar. “Ini bukan angka kecil, bagaimana langkahnya yakni pertama PDAM akan melakukan perubahan terhadap sistem IT,” katanya.

“Dari sistem IT itulah jumlah Rp34,4 miliar itulah sesuai dengan opnam akan terindustrukan melalui sistem itu. Pelanggan akan dipanggil berdasarkan data itu,” kata Entis menambahkan. Menurut Entis, dari data ini juga, mempercepat dari pada proses pemberitahuan ke pelanggan. “Jadi secara teknis apakah itu pelanggan keberatan dam kemudian merasa bahwa itu adalah pemakaian yang lama, kami akan tuntaskan. Artinya berharap tak ada lagi masyarakat mengeluh terhadap tunggakan ini,” ujarnya.

Jadi intinya, kata Entis, PDAM Jayapura akan mengelola pelanggan-pelanggan yang taat bayar iuran saja. “Jadi kalau misalkan dari 55 persen ada 45 persen yang belum membayar, maka  yang 45 persen ini akan kami sisir dan lakukan pembenahan secara internal  dan eksternal,” jelasnya.

Dewan Pengawas Minta PDAM Jayapura Tingkatkan Pelayanannya

Sesuai visi dan misi PDAM, yakni prima mandiri dan sehat, Wakil Wali Kota Jayapura, Rustan Saru mengajak pegawai PDAM Jayapura untuk lebih meningkatkan pelayanan dalam menyediakan air bersih di Kota Jayapura. Menurut Rustan, PDAM Jayapura harus mempunyai komitmen yang baik dan betul-betul untuk memberikan kontribusi positif dalam rangka menunjang pembangunan di Kota Jayapura dalam hal penyediaan air minum.

“Kami pemerintah dan selaku Dewan Pengawas juga mendorong agar visi misi PDAM Jayapura, yakni prima, mandiri dan sehat harus dipenuhi serta bekerja optimal begi semua kebutuhan air di Jayapura Utara, Jayapura Selatan, Abepura dan Heram bisa dipenuhi,” kata Rustan di Kota Jayapura, Sabtu, 18 Januari 2020.

Rustan juga mengingatkan PDAM Jayapura agar dapat mengurangi terjadinya kebocoran pipa air di Kota Jayapura, sebab sampai hari ini ada 40% air yang hilang. “Ini kami minta agar PDAM ini bisa mengoptimalkan dan memutus rantai ini, agar nanti yang bocor bisa dikurangi setiap tahun. Kami harapkan nanti dalam setahun kedepan paling tidak tinggal 20 persen air yang hilang,” tutur Rustan.

Untuk itu, kata Rustan, PDAM Jayapura diharpkan mengoptimalkan pelanggan di Kota Jayapura. “Sebab sampai hari ini penyaluran air belum maksimal 24 jam. Ada yang satu minggu sekali mengalir, dua kali dan tiga kali bahkan juga ada yang tak mengalir,” ujarnya.

Sedangkan menurut Entis, pihaknya sadar betul, audit BPKP tahun 2019 itu masih 43% dari total produksi PDAM Jayapura, kemudian efektifitas penagihan juga kita masih rendah 55%. “Ini menjadi pekerjaan rumah buat kami. Untuk pertama sudah tentu potensi tunggakan yang ada sekitar Rp34, 4 miliar dari 34.700 pelanggan untuk utang rekening air tahun 2016 sampai 2019 ini, susah tentu harus manfaatkan dengan baik,” terang Entis.

Entis menambahkan, pada akhir Januari 2020, PDAM telah menyiapkan 5 unit mobil pick up baru yang akan didistribusikan ke unit-unit pelayanan. “Hal ini untuk memastikan nanti dilakukan pemutusan terhadap pelanggan yang menunggak,” pungkasnya.