Oktober 29, 2020

Jelang perayaan Natal perlu diawasi harga bahan pokok jangan sampai melonjak tinggi

kabarmandala.com — Meski Perayaan Natal masih sebulan lagi, namun berbagai persiapan jelang Perayaan Natal mulai dipersiapkan. Pemprov juga tidak tinggal diam, dimana Bapok Tim mulai disiapkan untuk menjawab persoalan kebutuhan bahan pokok jelang hari raya keagamaan.

Kepala Dinas Perindagkop Provinsi Papua, Max Olua menyampaikan bahwa Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN) menjadi agenda nasional yang harus disikapi. Yang Pemprov lakukan adalah mengecek ketersediaan kebutuhan bahan pokok termasuk menjaga kestabilan harga agar tidak terjadi ketimpangan di saat kebutuhan melonjak.

Bapok Tim sendiri nantinya akan mengecek hingga ke kabupaten maupun kota untuk memastikan tak ada gejolak. “Ada kebutuhan barang atau komoditi yang harus disuplai dari luar dan ini juga perlu dipastikan. Jangan sampai ketika dibutuhkan malah barangnya tidak ada atau ada barangnya tapi harganya selangit. Ini tak boleh terjadi,” kata Max Olua.

Untuk mengecek kestabilan barang dan harga ini, tim akan dipimpin oleh gubernur bersama wakil gubernur, sekda dan Polda Papua. Pemprov ingin memastikan tak ada tangan nakal yang bermain di saat situasi benar-benar dibutuhkan. “Pasti permintaan meningkat dan kami tak mau ada tangan nakal yang bermain,”ujarnya. Disperindag juga meminta para distributor ikut terlibat memastikan kebutuhan Bapok tersedia dengan kondisi harga yang stabil. “Koordinasi sudah kami bangun dan mereka (distributor) siap membantu,” pungkasnya