Desember 2, 2020

Jenazah Bharatu Doni, Korban Penembakan KKSB OPM Timika diterbangkan ke kampung halaman

kabarmandala.com — Jenazah Bharatu (Anumerta) Doni Priyanto pagi tadi sekitar pukul 07.00 WIT dikirim ke kampung halaman di Surabaya dengan menumpangi pesawat Batik Air. Bharatu Doni menjadi korban tembak kelompok kriminal bersenjata (KKB) yang diduga dilakukan oleh kelompok Joni Botak, dalam baku tembak di Timika, Jumat sore, 26 Februari 2020.

Evakuasi jenazah Bharatu Doni dilakukan dengan berjalan kaki dari lokasi kejadian ke Timika, karena faktor cuaca tak mendukung dilakukan evakuasi dengan helikopter. Semalam, jenazah Bharatu Doni disemayamkan di Mako Brimob Den B Mimika. Kapolda Papua terlihat memberi penghormatan terakhir di depan peti jenazah Bharatu Doni.

“Puji syukur akhirnya jenazah Doni Priyanto tiba dalam keadaan baik, aman dan lancar. Proses evakuasi memang agak sulit, karena keadaan alamnya dan geografis,” katanya, Minggu malam, 29 Februari 2020. Kapolda Papua menyampaikan empati kepada keluarga Bharatu Doni dengan duka cita sedalamnya.

“Kami doakan, agar para pelaku kejahatan dapat ditangkap dan diungkap. Inilah bukti perhatian kami (polisi) terhadap kekerasan bersenjata dan kami akan melakukan penangkapan dan tindakan tegas kepada para pelaku kejahatan yang menggunakan senjata api,” kata Paulus.Bharatu Doni menjadi korban penembakan KKB di Timika dalam operasi penegakan hukum kepada KKB. Polisi menyebutkan KKB yang melakukan penembakan kepada Bharatu Doni adalah kelompok yang melakukan penyanderaan kepada 3 orang guru di Kampung Arwanop Timika.