Oktober 23, 2020

Kabupaten Mimika memberikan kebijakan khusus bagi maskapai Garuda Indonesia

kabarmandala.com — Pemerintah Kabupaten Mimika memberikan kebijakan khusus bagi maskapai Garuda Indonesia untuk kembali melayani penerbangan mengangkut penumpang maupun kargo barang ke Timika maupun ke luar dari Timika. Sebelumnya, semua penerbangan mengangkut penumpang dari dan menuju Bandara Mozes Kilangin Timika dibatasi untuk mencegah penularan wabah penyakit virus corona.

Bupati Mimika Eltinus Omaleng di Timika, Minggu, mengatakan telah membuat surat persetujuan bagi maskapai Garuda Indonesia untuk segera terbang ke Bandara Mozes Kilangin Timika. “Pesawat Garuda sudah boleh masuk ke Timika,” kata Omaleng pada Minggu (5/4). Dia menjelaskan, dikeluarkannya kebijakan khusus bagi maskapai Garuda Indonesia lantaran kesulitan mengangkut alat-alat kesehatan dari Jakarta ke Timika yang sangat dibutuhkan untuk penanganan para pasien terpapar COVID-19.

“Sebelumnya kami berharap bantuan pesawat Hercules TNI AU untuk mengangkut alat-alat kesehatan yang dipesan dari Jakarta. Tapi pesawat Hercules ini kan jadwalnya tidak tentu, karena tidak hanya melayani Kabupaten Mimika saja. Daripada menunggu terlalu lama, kami berikan izin kepada Garuda untuk mengangkut barang-barang itu sekaligus penumpang orang Mimika yang mau kembali ke Timika ataupun orang luar yang mau pulang dari Timika,” imbuhnya.

Meskipun mengizinkan maskapai Garuda Indonesia untuk mengangkut penumpang, namun penumpang yang diangkut dibatasi. Yang diperbolehkan terbang ke Timika yaitu warga Mimika yang kini sedang berada di luar daerah, namun selama ini kesulitan kembali lantaran ditutupnya pelayanan penerbangan penumpang.

Selain itu untuk penerbangan keluar dibatasi kepada warga luar Mimika yang selama ini berada di Timika, namun tertahan beberapa waktu untuk kembali ke daerah asalnya karena tidak ada penerbangan penumpang yang beroperasi.