Januari 23, 2021

Kampung dan Kelurahan di Kabupaten Jayapura Wajib Alokasikan Rp100 Juta Penanggulangan Covid-19

kabarmandala.com — Setiap kampung dan kelurahan yang ada di wilayah Kabupaten Jayapura diwajibkan mengalokasikan dana sebesar Rp100 juta untuk mendukung penanggulangan pencegahan Coronavirus Disease 2019 (Covid-19).

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Kampung (DPMPK) Kabupaten Jayapura, Elisa Yarusabra mengatakan, kewajiban itu berdasarkan surat edaran dari Kementerian Desa (Kemendes) Nomor 08 Tahun 2020 dan Bupati Jayapura Nomor 900/29/SEK/SET/Tahun 2020 untuk melaksanakan kampung dan kelurahan tanggap Covid-19.

“Edaran itu sudah kami bagikan ke kampung-kampung maupun kelurahan untuk mengalokasikan dana sebesar Rp100 juta untuk mendukung penanggulangan pencegahan Covid-19,” jelas Elisa saat dihubungi lewat telepon, Selasa, 7 April 2020.

Menurut Elisa, kebijakan pemerintah itu harus dilakukan karena penyebaran Covid-19 adalah bencana. Untuk itu setiap kampung atau keluaraha wajib menganggarkan Rp100 juta penanganan Covid-19. “Kami tak bisa cairkan dana kampung kalau tak ada yang dialokasikan khusus penanggulangan Covid-19,” ungkapnya. Elisa juga sangat berharap agar dana Rp100 juta yang dialokasikan nanti benar-benar digunakan untuk penanganan penanggulangan pencegahan penyebaran Covid-19 dan tidak disalahgunakan sehingga tidak tepat sasaran.

Menurut Elisa, jika ada yang menyalahgunakan dana itu, maka pihaknya akan memastikan yang bersangkutan segera diproses sesuai hukum berlaku. “Dana itu harus digunakan sesuai kebutuhan dan kepala kampung harus mempertangungjawabkan penggunaannya. Kami akan terus awasi itu,” jelasnya