Januari 18, 2021

Kapolda Papua Minta Kelompok Egianus Kogoya Sudahi Konflik yang mereka buat dan Letakkan Senjata

kabarmandala.com — Kapolda Papua Irjen Paulus Waterpauw meminta pelaku penyerangan yang diperkirakan 20 orang segera meletakkan senjata dan kembali ke NKRI. Baku tembak kembali terjadi antara anggota Brimob dengan KKSB di Nduga, Papua dan terjadi saat acara kerja bakti. Pelaku penyerangan diduga kelompok pimpinan Egianus Kogoya.

“Kami akan kejar terus. Sebaiknya Egianus segera meletakkan senjata mereka dan sudahi konflik yang selama ini mereka buat. Nanti kalau kita lakukan pengejaran, barulah nanti anak-anak dan perempuan jadi tameng mereka. Kan kasihan lagi lagi masyarakat jadi korban,” katanya, Sabtu (11/1).

Paulus berharap tokoh-tokoh pemerintah setempat mencoba melakukan pendekatan terhadap Kelompok Kriminal Separatis Besenjata (KKSB). “Ini sudah (tahun) 2020, masa mau hanya masalah-masalah itu. Kita semua mau maju. Apa sebenarnya yang mereka mau, maka kami harap penyelenggaraan negara di sana, tokoh-tokoh adat, Bupati bersama membantu kami untuk menjaga keamanan bersama,” kata Paulus.

Peristiwa penembakan terhadap Brimob di Nduga terjadi pada Sabtu, 11 Januari 2020, yang mengakibatkan Bharatu Luki, anggota Brimob Polda Maluku, mengalami luka tembak di bagian paha. Sementara itu, untuk perawatan medis, korban akan dirujuk ke Rumah Sakit Polri Kramat Jati, Jakarta.