Desember 2, 2020

Kapolres Mimika, AKBP I Gusti Gde Era Adhinata. (Foto: SAPA/Saldi)

Kapolres: KKB Jangan Coba-Coba Mencari Amunisi di Timika

Kabarmandala.com – Aparat keamanan TNI-Polri telah mendeteksi sejak dini adanya upaya dari anggota kelompok kriminal bersenjata (KKB) untuk menganggu keamanan di wilayah Kabupaten Mimika. Bahkan, sejak jauh hari KKB sudah diketahui masuk ke dalam kota Timika untuk mencari amunisi guna melancarkan aksinya pada 1 Desember nanti.
Karena itu, Kapolres Mimika, AKBP I Gusti Gde Era Adhinata menegaskan agar anggota KKB jangan coba-coba untuk masuk ke dalam kota Timika. Sebab pihaknya akan menindak tegas apabila kedapatan anggota KKB yang berkeliaran di kota Timika. Begitu juga terhadap oknum aparat agar tidak melanggar prosedur mangambil atau menjual amunisi, apalagi kepada KKB, akan ditindak tegas.

“Jangan coba-coba mencari amunisi di Kota Timika, karena kita TNI-Polri sudah kompak. Siapapun yang melanggar prosedur baik oknum (aparat) akan kita tindak,” tegas Kapolres saat ditemui di Gedung DPRD Mimika, Senin (25/11).

Menjelang 1 Desember, di Kabupaten Mimika sudah sempat terjadi teror penembakan oleh KKB di area operasional PT Freeport, yakni pada Kamis (21/11). Baku tembak antara personel TNI-Polri dengan KKB terjadi disekitar area Mile Point (MP) 38. Satu orang dikabarkan meninggal dunia, namun informasi terkait peristiwa tersebut masih tertutup.

Peringatan 1 Desember merupakan hari kemerdekaan Papua Barat atas Belanda pada tahun 1961.  Sehingga tiap tanggal 1 Desember bagi orang Papua adalah kalender penting dalam perjuangan mereka.