Oktober 21, 2020

Karena Satu Positif Corona, 1.527 Warga Satu Kampung di Keerom Langsung Isolasi

kabarmandala.com — Pemerintah Kabupaten Keerom, Papua menganjurkan isolasi mandiri terhadap 1.527 warganya yang tinggal di Kampung Warbo, Distrik Arso Barat, sejak 9 April lalu. Isolasi mandiri ini menyusul ditemukannya satu kasus Covid-19 di Kampung Warbo, yang merupakan kasus pertama di Kabupaten Keerom. Total 390 Kepala Keluarga yang mendiami perkampung tersebut.

Bupati Keerom pada Jumat (10/4) malam membenarkan kabar tersebut. Isolasi ini dilakukan terhadap seluruh warga di Kampung Warbo di wilayah Kabupaten Keerom. “Iya benar, per 9 April 2020,” kata Bupati Markum menjawab pertanyaan Indonesiainside.id melalui grup whatsapp soal kabar isolasi warga satu kampung karena Covid-19.

Markum memaparkan, 390 Kepala Keluarga (KK) dengan jumlah 1.527 jiwa telah mendiami Kampung Warbo yang terletak di Distrik Arso Barat, Keerom. “Jml Kk (Jumlah Kepala Keluarga) = 390, Jml jiwa (Jumlah Jiwa) = 1.527. Kamp (Kampung) Warbo,” tulisnya.

Pemerintah Kabupaten Keerom mencatat 12 warga berstatus Orang Dalam Pemantauan (ODP) dan dua warga berstatus Pasien Dalam Pengawasan (PDP). Sementara kasus kematian di wilayah tersebut masih kosong. Sebelumnya, seorang warga asal Kampung Warbo, Distrik Arso Barat, Kabupaten Keerom berinisial A terkonfirmasi positif Covid-19. Warga berjenis kelamin laki-laki ini sedang dirawat di Rumah Sakit Bhayangkara, Kota Jayapura.

Pria berusia 43 tahun ini diduga tertular Covid-19 saat mengikuti kegiatan keagamaan di Kabupaten Gowa, Provinsi Sulawesi Selatan. Pasien dirawat di RS Bhayangkara sejak Kamis (9/4) setelah dinyatakan positif. Sebelumnya pasien sempat menjalani isolasi mandiri di rumahnya dengan status Orang Dalam Pemantauan (ODP). Pasien lantas berinisiatif memeriksakan kesehatannya di Rumah Sakit Bhayangkara pada 8 April.