Oktober 22, 2020

Keamanan mahasiswa Papua di Sumbar dijamin oleh Kapolda

kabarmandala.com — Kapolda Sumatra Barat Irjen Pol Fakhrizal memastikan keamanan bagi mahasiswa asal Papua yang sedang menempuh pendidikan di daerah tersebut. Kita sudah kumpulkan adik-adik kita dari Papua dan Alhamdulillah di tempat kita tidak ada masalah, mereka juga nyaman di Sumbar,” kata dia di Padang, Sabtu.

Ia mengatakan Sumatera Barat merupakan daerah yang aman dan nyaman bagi mahasiswa menempuh pendidikan Selain itu dirinya juga memastikan tidak ada tindakan rasisme yang ditujukan kepada mahasiswa asal Papua yang berada di Sumbar. “Mereka nyaman menempuh pendidikan di sini. Kita sudah tatap muka langsung dengan adik-adik dari Papua,” katanya.

Ia mengatakan dalam pertemuan bersama mahasiswa Papua, mereka memastikan para mahasiswa tidak terpancing dan terpengaruh atas kejadian di Surabaya hingga Manokwari Papua. Sebelumnya Polresta Padang juga telah bertemu dengan perwakilan Ikatan Mahasiswa Papua Sumbar di Mapolresta Padang. Kapolresta Padang Kombes Pol Yulmar Try Himawan bertemu dengan delapan orang perwakilan

Mahasiswa Papua memastikan bahwa kondisi mereka dalam keadaan baik dan tidak ada mendapat intimidasi dari suku pribumi. “Mereka juga mengajak seluruh mahasiswa Papua yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia untuk tetap menjaga jiwa nasionalisme dan menjunjung tinggi keberagaman,” katanya.