Home / Kesehatan / Kebutuhan ‘Ngopi’ yang aman Dikonsumsi Setiap Hari

Kebutuhan ‘Ngopi’ yang aman Dikonsumsi Setiap Hari

kabarmandala.com – Kopi mengandung kafein yang bisa membuat tubuh makin bersemangat. Tapi jika kebanyakan justru akan timbulkan beberapa penyakit. Bagi pecinta kopi, minuman yang mengandung kafein ini memang dapat menyegarkan pikiran, tubuh dan jiwa. Menurutnya kopi juga dapat mengubah suasana hati menjadi lebih bersemangat.  Secangkir kopi hangat di pagi hari memang terasa nikmat bahkan telah menjadi ritual harian bagi penggemar kopi. Tapi pernahkah Anda mempertimbangkan bahwa banyaknya kopi yang Anda minum setiap harinya sangat tidak baik bagi tubuh?Sebuah penelitian baru-baru ini mengklaim bahwa dengan minum enam cangkir kopi atau lebih per harinya dapat berdampak negatif terhadap kesehatan umum dan berisiko penyakit jantung sebanyak 22%.

Studi yang dipublikasikan dalam American Journal of Clinical Nutritionmengungkapkan bahwa satu dari enam orang terkena penyakit kardiovaskular di Australia. Fakta ini didukung oleh WHO yang mengklaim bahwa penyakit kardiovaskular adalah penyebab utama kematian, tetapi dapat dicegah. Penyakit kardiovaskular adalah penyakit yang berkaitan dengan jantung dan pembuluh darah. Dr Ang Zhou dan Elina Hypponen, peneliti di Pusat Kesehatan Presisi Australia, meneliti hubungan antara konsumsi kopi berlebih dengan penyakit jantung. Ternyata minum kopi dapat meningkatkan tekanan darah yang dapat menyebabkan penyakit kardiovaskular.

Eline Hypponnen mengatakan, “Kopi adalah stimulan yang paling sering dikonsumsi di dunia. Kopi dikenal dapat meningkatkan energi kita serta dapat membantu kita lebih fokus, tetapi apakah kita tahu sifat dari kafein pada kopi? Bahkan ada yang setelah minum kopi, merasakan kecemasan atau merasakan tekanan di dada.” Hypponen juga menambahkan, “Risiko penyakit kardiovaskular meningkat karena tekanan darah tinggi dan akibat yang diketahui ialah dari konsumsi kafein yang berlebih.”

Atas dasar temuan penelitian ini, Hyponnen menyarankan untuk membatasi konsumsi kopi, jangan minum kopi lebih dari enam gelas setiap harinya karena terbukti berbahaya dan berisiko penyakit kardiovaskular.

About master

Check Also

dr Terawan (Menkes) janji akan benahi dan cari solusi terbaik untuk BPJS dan JKN

kabarmandala.com — Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto berjanji akan bekerja sama dengan BPJS Kesehatan untuk menyelesaikan …